Dark/Light Mode

BSI Siapkan 200 Kursi Roda Bagi Jamaah Haji Lansia

Senin, 3 Juni 2024 20:19 WIB
BSI menyiapkan 200 kursi roda selama ibadah haji di Tanah Suci dalam rangka mengoptimalkan layanan bagi jamaah haji yang berusia lanjut usia (lansia). (Foto: Dok. BSI)
BSI menyiapkan 200 kursi roda selama ibadah haji di Tanah Suci dalam rangka mengoptimalkan layanan bagi jamaah haji yang berusia lanjut usia (lansia). (Foto: Dok. BSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI menyiapkan 200 kursi roda selama ibadah haji di Tanah Suci dalam rangka mengoptimalkan layanan bagi jamaah haji yang berusia lanjut usia (lansia).

Upaya tersebut, merupakan kerja sama antara BSI dengan Kementerian Agama bersinergi memberikan layanan kursi roda bagi lansia di titik Masjidil Haram dan Terminal Syib Amir dan Jiyad.

Nantinya, jamaah lansia Indonesia dapat mengajukan ke ketua kloter kemudian diteruskan ke ketua sektor, dengan syarat jamaah tersebut merupakan jamaah kategori lansia atau sakit yang sangat tergantung dengan kursi roda serta tidak membawa kursi roda dari Tanah Air.

Baca juga : BRI Dinobatkan Sebagai Tempat Kerja Terbaik Oleh HR Asia

“Berdasarkan data internal BSI, sebanyak 53 persen calon jamaah haji di BSI sebagian besar berusia di atas 55 tahun. Untuk memudahkan para jamaah, BSI telah menyiapkan layanan pra dan pasca haji yang bisa digunakan calon jamaah haji BSI, terutama lansia,” ungkap Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna dalam keterangan resmi, Senin (3/6/2024).

Ia mengatakan, jamaah haji Indonesia yang berusia lansia harus difasilitasi dengan baik, apalagi mereka adalah tamu istimewa yang telah menunggu lama untuk bisa beribadah haji di tahun ini.

“Hal inilah yang menjadi spirit BSI untuk terus menjadi sahabat finansial, sosial dan spiritual bagi masyarakat,” ucapnya.

Baca juga : 100 Kursi Roda Tiba di Saudi, untuk Bantu Jemaah Lansia Beribadah Haji

Sejalan dengan komitmen tersebut, kinerja tabungan haji BSI juga mengalami pertumbuhan positif. Hingga April 2024, dana pihak ketiga (DPK) tabungan haji BSI mencapai Rp 11,86 Triliun tumbuh 14,09 persen secara year on year dengan jumlah nasabah tabungan haji sebanyak 5,1 juta nasabah.

“Kami mengimbau bagi para jamaah haji untuk melakukan cashless selama ibadah haji guna keamanan maupun kemudahan bertransaksi. Nasabah bisa memanfaatkan kartu BSI Debit Mabrur/Debit Haji,” kata Anton.

Berbagai penawaran penggunaan BSI Debit Mabrur/Debit Haji, di antaranya gratis biaya tarik tunai di ATM berlogo Visa di Arab Saudi tiga kali per bulan, nilai tukar kurs kompetitif untuk transaksi belanja, cashback Rp 500 ribu dengan total belanja Rp 10 juta per bulan di Arab Saudi (tidak berlaku kelipatan), serta BSI memberikan 0,1 persen untuk donasi dari setiap transaksi nasabah di merchant Food & Beverages.

Baca juga : PPIH Matangkan Skema Safari Wukuf Jemaah Haji Lansia Non Mandiri

Sementara itu, Pejabat Kementerian Agama Kepala kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta Cecep Khairul Anwar mengaku siap memfasilitasi layanan jamaah haji Indonesia yang berusia lansia.

“Nantinya kursi roda ini akan dioptimalkan bagi jamaah yang membutuhkan, agar bisa menjalankan ibadah dengan aman dan nyaman,” ujarnya.

Saat ini, Kemenag juga menyediakan 11 posko kesehatan di Mekkah dan enam posko kesehatan di Madinah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.