Dark/Light Mode

Lewat Pelatihan Kelola Sampah Di Padalarang, AO PNM Bantu Selamatkan Lingkungan

Senin, 3 Juni 2024 23:16 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Nilai dan budaya perusahan PNM jadi motivasi Triska, untuk bergabung menjadi Account Officer (AO) atau Petugas Pendamping di Program PNM Mekaar milik PT Permodalan Nasional Madani (PNM), yang saat ini sudah ia jalani selama 2 tahun.

Berawal dari nasabah PNM Mekaar Padalarang yang menceritakan adanya kebutuhan dalam penyelamatan lingkungan dari sampah yang tidak diangkut dikarenakan ada TPA yang sedang mengalami musibah kebakaran di lingkungannya.

Cerita ini di-capture melalui program PNM Bercerita, yaitu program lomba video yang diikuti 62 Cabang PNM dalam rangkaian HUT PNM ke 25 tahun dengan tema "Terus Tumbuh Tuk Bangun Asa.

Hal ini membuat Triska tergerak untuk membantu nasabah tersebut untuk memberikan pelatihan mengenai pengelolaan sampah.

Melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) milik PNM, Triska dan Nasabah PNM Unit Padalarang belajar bersama mengenai pengelolaan bank sampah melalui Bank Sampah Bukit Berlian Padalarang.

Baca juga : Ini 99 Perusahaan Yang Diganjar Penghargaan Bergengsi Atas Upaya Selamatkan Bumi

Tidak hanya pelatihan dalam mengelola sampah, PNM juga memberikan pelatihan mengenai budidaya maggot.

Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk dari tiga modal PNM. Dalam mendukung pertumbuhan ultra mikro dan UMKM, PNM memberikan tiga modal yaitu finansial, intelektual dan sosial.

Modal finansial diberikan melalui pembiayaan usaha produktif, sedangkan modal intelektual melalui pendampingan antara lain pelatihan, berbagi info dan pengalaman.

Sedangkan modal sosial, PNM membangun kepedulian nasabah melalui jejaring usaha dan sinergi bisnis yang mampu membantu percepatan usaha nasabah.

Direktur Utama PT PNM Arief Mulyadi menyampaikan, Bank sampah adalah strategi untuk membangun kepedulian masyarakat agar dapat ‘berkawan’ dengan sampah untuk mendapatkan manfaat ekonomi langsung dari sampah.

Baca juga : Terima 14 Petugas Haji Tambahan, Kepala Daker Bandara Ingatkan Disiplin Waktu

Jadi, bank sampah dapat berguna untuk merubah sesuatu yang tidak ternilai menjadi sesuatu yang berharga.

"Harapan saya juga hal ini bisa memberikan manfaat langsung yang dirasakan tidak hanya pada pilar ekonomi, namun pembangunan lingkungan yang bersih, hijau dan sehat di lingkungan sekitar," harapnya.

Triska yang sudah bermimpi untuk dapat bekerja di perusahaan BUMN, sekarang mimpinya terwujud menjadi AO PNM Mekaar.

Triska mengatakan, meski jalan yang ia lalui tidak selalu mudah, tapi ia bersyukur lantaran kehadirannya tidak hanya membantu para ibu-ibu nasabah melalui pembiayaan saja.

Namun juga, pelan-pelan lingkungan para ibu nasabah juga bisa ia bantu untuk lebih sehat.

Baca juga : Kecelakaan Maut Bus Terguling Di Ciater Subang, 11 Orang Meninggal Dunia

Ema selaku ketua kelompok PNM Mekaar unit Padalarang mengatakan, berkat pelatihan yang diberikan, ibu-ibu di wilayahnya bisa mengelola sampah organik secara mandiri.

“Hampir 2 ton sampah organik sudah berhasil dikelola di bank sampah Bukit Berlian Padalarang,” ungkapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.