Dark/Light Mode

Jelang Idul Adha, Tren Produk Groceries Di Tokopedia Melonjak

Senin, 10 Juni 2024 16:54 WIB
Jelang Hari Raya Idul Adha 2024, produk kategori Groceries, termasuk Makanan dan Minuman, adalah kategori produk yang paling diburu masyarakat lewat Tokopedia. (Foto: Ilustrasi Tokopedia)
Jelang Hari Raya Idul Adha 2024, produk kategori Groceries, termasuk Makanan dan Minuman, adalah kategori produk yang paling diburu masyarakat lewat Tokopedia. (Foto: Ilustrasi Tokopedia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang Hari Raya Idul Adha 2024, produk kategori Groceries, termasuk Makanan dan Minuman, adalah kategori produk yang paling diburu masyarakat lewat Tokopedia.

Hal ini juga sejalan dengan kecenderungan perilaku sebagian masyarakat yang mulai menyetok bahan masakan untuk berbagai momen, salah satunya perayaan Idul Adha.

Communications Senior Lead Tokopedia Rizky Juanita Azuz mengatakan, berkaca pada sepanjang Juni 2023, beberapa produk sembako pun laris manis di Tokopedia, termasuk jelang dan saat hari Idul Adha 2023, antara lain minyak goreng, daging sapi, dan kecap manis.

“Menyambut momen Idul Adha 2024, Tokopedia menghadirkan deretan kampanye yang mempermudah masyarakat mendapatkan berbagai produk sembako, termasuk jelang dan saat Idul Adha, salah satunya lewat kampanye Toserba,” ungkap Rizky dalam keterangan resmi, Senin (10/6/2024).

Baca juga : Mentan Pastikan Keamanan Dan Ketersediaan Hewan Kurban

Selain mempermudah masyarakat lewat kampanye Toserba, Tokopedia juga memiliki fitur Qurban untuk memberikan kemudahan berkurban secara online yang praktis, ekonomis dan amanah.

Tokopedia turut melibatkan berbagai lembaga kemanusiaan tepercaya untuk mengelola kurban. Mulai dari BAZNAS, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, Rumah Yatim, PKPU Human Initiative, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), NU CARE-LAZISNU, Palmyra Internasional dan Bank Qurban.

Menurut Rizky, laporan proses kurban juga diberikan secara transparan. Jadi, masyarakat yang berkurban online lewat Tokopedia bisa mengetahui status hewan kurban mereka, termasuk sebelum dan sesudah penyembelihan, serta pendistribusian daging kurban.

“Sertifikat kurban juga akan dikirim melalui email dan notifikasi sebagai bukti sah,” jelas Rizky.

Baca juga : Inilah JS Frozen Food, Produk Berkualitas Toisa Sumber Berkat

Tokopedia pun mencatat animo masyarakat dalam melakukan ibadah kurban saat Iduladha tahun 2023 lalu yang sangat tinggi.

“Hal ini terbukti dari kenaikan jumlah transaksi lewat fitur Qurban yang mencapai lebih dari 6 kali lipat seminggu jelang Idul Adha 2023 dibandingkan dengan awal Juni 2023,” ungkap Rizky.

Data internal Tokopedia mencatat penjualan daging sapi melonjak lebih dari 2 kali lipat jelang dan saat Idul Adha 2023 dibandingkan dengan minggu ke-4 pada Mei 2023.

Selain itu, bumbu atau sambal plecing juga bisa didapatkan dengan mudah lewat Tokopedia, terutama di bagian Bumbu dan Bahan Masakan.

Baca juga : Jelang Idul Adha, Kepala Daerah Diminta Cek Harga Bahan Pokok

“Tokopedia pun mencatat produk Bumbu dan Bahan Masakan adalah salah satu subkategori produk yang paling laris sepanjang Juni 2023, termasuk jelang dan saat hari Iduladha 2023 lalu,” kata Rizky.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.