Dark/Light Mode

Jelang Idul Adha, Kepala Daerah Diminta Cek Harga Bahan Pokok

Selasa, 4 Juni 2024 14:53 WIB
Bahan pokok. (Foto: Ist)
Bahan pokok. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang Hari Raya Idul Adha, harga bahan pokok mulai merangkak naik. Para kepala daerah di seluruh Indonesia diminta untuk melakukan pengecekan harga. Hal ini untuk menekan angka inflasi.

Seruan tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Tomsi Tohir dalam keterangannya, Selasa (4/6/2024).

Baca juga : Jajang Mulyana dan Fadil Cabut Dari Bali United

"Dua minggu lagi kita akan menghadapi Hari Raya Idul Adha, ini kami berharap para kepala daerah untuk bisa turun langsung mengecek, mendatakan, serta mengkoordinasikan dengan daerah-daerah lain, harga-harga yang di daerahnya nantinya akan cenderung naik," pinta Tomsi.

Apalagi, Kemendagri dengan Badan Pusat Statistik (BPS) telah membuat penilaian terhadap seluruh pemerintah daerah terkait inflasi setiap minggu. “Kami akan mendata dari minggu ke minggu, apakah terjadi perubahan, pergeseran, atau tetap dengan inflasi-inflasi yang tinggi," ujarnya.

Baca juga : Bapanas Pelototin Harga Pangan

Dia juga meminta Pemda untuk memperkuat gerakan menanam sejumlah komoditas kebutuhan pokok serta memperbanyak penyebaran lokasi penanaman. Selain itu, dia juga berharap beberapa komoditas impor datang tepat waktu dengan pendistribusian yang juga tepat sasaran.

“Sehingga persoalan kenaikan harga dapat diatasi,” katanya.

Baca juga : Soal Batas Usia Calon Kepala Daerah, Bawaslu Tunggu KPU

Tomsi juga meminta Kementerian Perdagangan (Kemendag) agar berkoordinasi dengan kementerian/lembaga terkait guna menjaga ketepatan waktu barang yang masuk. Hal ini demi memudahkan masyarakat dalam memperoleh komoditas-komoditas yang dibutuhkan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.