Dark/Light Mode

Laju Inflasi Bulan Mei Tercatat 2,84 Persen

Top, RI Lebih Terkendali Dari AS, Rusia Dan India

Sabtu, 15 Juni 2024 07:10 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

 Sebelumnya 
Kondisi tersebut kurang menguntungkan bagi Indo­nesia, mengingat Indonesia tidak memiliki perjanjian per­dagangan bebas atau Free Trade Agreement (FTA) dengan AS.

“Jadi yang diuntungkan masih Vietnam, Thailand, dan beberapa negara lain di ASEAN. Kita se­dang mempersiapkan perjanjian perdagangan dengan Amerika,” jelasnya.

Terendah Di Dunia

Di acara sama, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, tingkat inflasi In­donesia saat ini menjadi yang terendah di dunia.

Baca juga : Bulog Jajaki Kerja Sama Pangan Dengan Kamboja

Dia juga menyebut, dalam 10 tahun terakhir inflasi Indonesia selalu terkendali. Bahkan ter­masuk yang terendah di dunia. Saat ini inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) 2024 tercatat sebesar 2,84 persen, terjaga dalam kisaran target 2,5 + -1 persen.

Perry bilang, inflasi di sebagian besar daerah dalam kisaran target berkat sinergi inflasi oleh Pemer­intah Pusat dan Daerah. Selain itu, pengendalian inflasi secara konsisten dikendalikan melalui koordinasi tim pengadilan inflasi pusat dan daerah.

“Termasuk gerakan nasional pengendalian inflasi pangan yang secara massal di berbagai daerah,” terangnya.

Baca juga : Retno Lobi Finlandia Segera Akui Palestina

Perry memperkirakan, inflasi pada sisa tahun 2024 ini dan tahun 2025 akan tetap terkendali rendah dalam kisaran sasaran 2,5 +-1 persen.

“Kami menghaturkan apre­siasi sebesar-besarnya kepa­da Presiden atas konsistensi kepemimpinan dan arah inspira­si, inovasi, terobosan kebijakan serta dorongan sinergi untuk pengendalian inflasi,” tuturnya.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian me­nyebut, Pemerintah konsisten menjaga inflasi tetap terkendali, mengingat Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka inflasi Indonesia secara nasional per Mei 2024 mencapai 2,84 persen.

Baca juga : Warga Wijaya Ngeluh Bising Dan Bikin Macet

Angka tersebut telah menempat­kan Indonesia berada pada posisi yang baik di tingkat global dalam aspek pengendalian inflasi.

“Inflasi global kita saat ini di angka 2,84 persen, itu adalah peringkat 73 terendah dari 186 negara di dunia. Artinya kita ba­gus posisinya,” kata Tito. DIR

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 7, edisi Sabtu, 15 Juni 2024 dengan judul "Laju Inflasi Bulan Mei Tercatat 2,84 Persen Top, RI Lebih Terkendali Dari AS, Rusia Dan India"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.