Dark/Light Mode

Kunjungi Helsinki

Retno Lobi Finlandia Segera Akui Palestina

Sabtu, 15 Juni 2024 07:00 WIB
Menteri Luar Negeri Finlandia Elina Valtonen (kanan) bersama Menlu RI Retno Marsudi di Helsinki, Finlandia, Kamis (13/6/2026). Foto: KEMLU RI
Menteri Luar Negeri Finlandia Elina Valtonen (kanan) bersama Menlu RI Retno Marsudi di Helsinki, Finlandia, Kamis (13/6/2026). Foto: KEMLU RI

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi melakukan kunjungan kerja ke Finlandia. Tak hanya membahas upaya penguatan kerja sama bilateral, kunjungan itu juga dimanfaatkan Retno untuk mendorong Helsinki agar segera mengakui Palestina.

Dalam kunjungannya, Menlu Retno bertemu Presiden Fin­landia Alexander Stubb, Kamis (13/6/2024), dan Menlu Fin­landia Elina Valtonen dalam kesempatan terpisah.

“Setelah dari Oslo, Norwegia, saya berada di Helsinki, Finlandia untuk melakukan pertemuan bilateral utamanya di bidang energi hijau dan smart citites. Kunjungan ke Helsinki juga saya gunakan untuk meminta dukungan Finlandia agar mengakui Palestina,” kata Retno dalam keterangannya, Jumat (14/6/2024).

Baca juga : Warga Wijaya Ngeluh Bising Dan Bikin Macet

Hal ini terkait dengan mandat dari para pemimpin OKI (Organisasi Kerja Sama Islam) yang diterima Indonesia sebagai salah satu anggota dari OIC Contact Group on Palestine.

Terkait pertemuan kehormatan dengan Presiden Stubb, Retno menyampaikan bahwa Indonesia memantau posisi Finlandia. Ter­masuk pernyataan Presiden Fi­landia yang akan menyampaikan pengakuan terhadap Palestina.

Dirinya mendorong agar sang Presiden dapat melakukannya dalam waktu dekat. Pasalnya, pengakuan tersebut dinilai akan berpengaruh besar terhadap ter­wujudnya perdamaian dan solusi dua negara.

Baca juga : Italia Vs Albania, Gli Azzurri Ngarep Pertahankan Gelar

“Dalam kunjungan kehor­matan ke Presiden Finlandia, secara panjang lebar kami bahas mengenai upaya menghadirkan perdamaian di Gaza dan Pales­tina,” terang Retno.

Menurutnya, Indonesia dan Finlandia memiliki posisi se­rupa dalam mendorong gen­catan senjata di Gaza. Retno dan Stubb sama-sama berharap agar resolusi tiga fase gencatan senjata yang baru saja diadopsi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) dapat segera diterapkan.

“Saya juga menyampaikan kembali penghargaan atas ban­tuan kemanusiaan yang telah diberikan Finlandia untuk Pales­tina, termasuk melalui lembaga bantuan PBB untuk pengungsi Palestina UNRWA,” lanjutnya.

Baca juga : Gim 4 Final NBA 2023-2024, Mavericks Di Ujung Tanduk

Sementara itu, Presiden Fin­landia menegaskan kembali dukungannya terhadap two-state solution. Sebab penting sekali mendorong gencatan senjata segera.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.