Dark/Light Mode

Harga Minyakita Diusulkan Naik Jadi Rp 15.500

Awas, Urusan Migor Bikin Inflasi Pangan Meroket

Kamis, 20 Juni 2024 07:00 WIB
Minyakita.
Minyakita.

 Sebelumnya 
Dalam hal ini, Isy menye­but ada beberapa komponen dalam perhitungan Harga Pokok Produksi (HPP), yakni harga minyak kelapa sawit, ongkos biaya angkut pabrik, biaya pengemasan dan pengolahan hingga biaya distribusi.

Selain itu, dia menekankan bakal memantau terus pergerakan harga CPO sebagai bahan baku Minyakita. Isy bilang, tren harga CPO terus mengalami kenaikan.

“Harga CPO 2024 sudah Rp 12.295, pas kita hitung pertama tahun 2022 Rp 11.200. Lalu ta­hun sebelumnya Rp 10.000. Jadi, memang sudah ada kenaikan,” jelasnya.

Baca juga : Kualitas Udara Jakarta Semakin Membahayakan

Analis kebijakan pangan Syaiful Bahari menilai, kenaikan HET Minyakita dipastikan mem­bebani masyarakat. Selain itu, kenaikan Minyakita bisa mem­pertinggi inflasi pangan yang saat ini sudah terbebani dengan kenaikan bahan pokok lainnya seperti beras.

“Ini justru kontradiktif dengan upaya Pemerintah ingin menu­runkan angka inflasi. Kalau HET Minyakita naik, sudah pasti akan mendorong harga minyak goreng di pasar retail yang bukan Minyakita makin ikut-ikutan naik,” tegas Syaiful.

Mestinya, kata dia, dengan produksi CPO nasional yang sur­plus, Pemerintah menggunakan minyak goreng sebagai peredam inflasi. Bukan justru malah me­nambah beban inflasi pangan.

Baca juga : Spanyol Vs Italia, Perang Mental Kekuatan Besar

Menurutnya, Pemerintah tidak perlu menaikkan HET Minyakita. Sebab, sampai saat ini produksi sawit dan CPO nasional tetap surplus, bahkan produksi CPO di 2023 meningkat 7,15 persen mencapai 50,07 juta ton.

Sedangkan konsumsi minyak sawit di tahun yang sama sebesar 23,13 juta ton, itu pun sudah termasuk untuk program bio­diesel. DIR

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 10, edisi Kamis, 20 Juni 2024 dengan judul "Harga Minyakita Diusulkan Naik Jadi Rp 15.500, Awas, Urusan Migor Bikin Inflasi Pangan Meroket"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.