Dark/Light Mode

Pupuk Kaltim Salurkan Bantuan Ventilator Untuk Masyarakat Fakfak

Jumat, 28 Juni 2024 15:24 WIB
Pupuk Kaltim kembali menggelar agenda rutin tahunan berupa penyerahan hewan kurban kepada masyarakat di lingkup wilayah Bontang dan Fakfak. (Foto: Dok. Pupuk Kaltim)
Pupuk Kaltim kembali menggelar agenda rutin tahunan berupa penyerahan hewan kurban kepada masyarakat di lingkup wilayah Bontang dan Fakfak. (Foto: Dok. Pupuk Kaltim)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai produsen pupuk dan petrokimia terbesar di Asia Tenggara, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) tentu tak hanya berfokus pada operasional dan produksi. Menjalankan amanah untuk mendukung ketahanan pangan nasional, dilakukan sembari terus terlibat langsung dalam berbagai inisiasi tanggung jawab lingkungan dan sosial.

Terutama, di sekitar wilayah operasional Pupuk Kaltim, baik di Bontang, Kaltim maupun di Fakfak, Papua, yang merupakan lokasi pembangunan pabrik terbaru perseroan.

Inisiasi pemberdayaan masyarakat ini dilakukan melalui berbagai program. Mulai dari yang terkait pendidikan, sosial, pemeliharaan lingkungan, hingga aktivitas keagamaan.

Bertepatan dengan momen Idul Adha 1445 Hijriah atau tahun 2024, Pupuk Kaltim kembali menggelar agenda rutin tahunan berupa penyerahan hewan kurban kepada masyarakat di lingkup wilayah Bontang dan Fakfak.

Baca juga : Guru Besar Unas Luncurkan Buku ke-17, Tekankan Pentingnya Perdamaian Dunia

Direktur Utama Pupuk Kaltim Budi Wahju Soesilo mengatakan, pada Idul Adha tahun ini, pihaknya menyalurkan total 31 ekor sapi untuk hewan kurban kepada masyarakat, dengan rincian 20 ekor sapi di Bontang dan 11 ekor sapi di Fakfak.

Secara khusus, perseroan juga memberikan bantuan lain untuk menunjang kebutuhan dan kesehatan masyarakat Fakfak, yaitu bantuan berupa 11 unit genset dengan kapasitas 6.000 watt dan 4 unit alat kesehatan ventilator.

"Seluruh bantuan hewan kurban dan alat kesehatan tersebut, bernilai total Rp 1.355.500.000," ujarnya, melalui keterangannya, Jumat (28/6/2024).

Soesilo berharap, kegiatan ini dapat mempererat kebersamaan perusahaan dengan masyarakat Fakfak, serta bermanfaat besar bagi masyarakat sekitar.

Baca juga : BSI Maslahat Salurkan Bantuan Kemanusiaan Untuk Palestina Tahap V Senilai Rp 12,31 M

Sebab, dalam mencapai tujuan, perseroan tidak bisa berjalan sendiri dan sinergi dengan masyarakat jadi salah satu penopang keberhasilan Pupuk Kaltim ke depannya.

“Komitmen untuk terus memberdayakan dan memberi keberkahan, serta manfaat kepada masyarakat menjadi prioritas bagi Pupuk Kaltim," ucap Soesilo.

Untuk wilayah Fakfak, perwakilan Pupuk Kaltim, Vice President (VP) Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Sugeng Suedi, menyerahkan bantuan secara simbolis kepada para penerima, di halaman kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak, Jumat (14/6/2024) lalu.

Sugeng menuturkan, penyaluran hewan kurban berupa sapi ini diberikan kepada masyarakat melalui pengurus-pengurus masjid di wilayah Fakfak.

Baca juga : Universitas Borobudur Siapkan Beasiswa Rp 8 Miliar Untuk Masyarakat

Sementara itu, bantuan alat kesehatan ventilator dapat dipergunakan untuk mendukung kebutuhan perangkat kesehatan yang dikelola Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak.

"Bantuan ini merupakan wujud upaya mempererat kebersamaan antara Pupuk Kaltim dan masyarakat Fakfak," ujar Sugeng.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.