Dark/Light Mode

Hore, Ada Penambahan Produksi Gas Dari EMP Bentu Dari Proyek BCP Seng

Sabtu, 29 Juni 2024 11:45 WIB
EMP Bentu Limited menuntaskan proyek start-up dan commissioning Fasilitas Booster Compression Plant (BCP) Seng yang terletak di Kelurahan Langgam, Kecamatan Langgam,
EMP Bentu Limited menuntaskan proyek start-up dan commissioning Fasilitas Booster Compression Plant (BCP) Seng yang terletak di Kelurahan Langgam, Kecamatan Langgam,

RM.id  Rakyat Merdeka - EMP Bentu Limited menuntaskan proyek star-up  dan commissioning  fasilitas Booster Compression Plant (BCP) Seng yang terletak di Kelurahan Langgam, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan.

Proses start-up dan commissioning tersebut berlangsung sejak 5 Juni 2024 hingga fasilitas bisa on-stream pada 24 Juni 2024.

"Tahap awal telah mengalirkan gas dari sumur-sumur Lapangan Seng melalui existing Seng Manifold ke BCP Seng, kemudian mengoperasikan peralatan utility secara bertahap, dijalankan tanpa beban terlebih dahulu," kata VP Project & Facilities EMP, Kusnu Budi Hartanto dalam keterangannya, Sabtu (29/6/2024).

Baca juga : SKK Migas Minta Manajemen Rantai Pasok Punya Sense Of Crisis

Dikatakan Kusnu, pekerjaan tersebut cukup menyita waktu karena Gas Compressor sebagai peralatan utama perlu pengecekan program pada panel control, setting  parameter operasi, dan juga beberapa kendala teknis lainnya.

“Alhamdulillah berkat teamwork yang solid, pada tanggal 24 Juni 2024 lalu BCP seng telah on-stream dengan aman,” ujarnya.

Start-up dan commissioning dalam industri gas bumi adalah tahapan pekerjaan yang dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh peralatan dan instalasi berada dalam keadaan siap beroperasi secara berkelanjutan.

Baca juga : LAN Raih Penghargaan Tertinggi Indeks SPBE 2023 Dari Presiden

Menurut Kusnu, dengan dioperasikannya booster compressor di BCP Seng, maka gas dari reservoir dapat diproduksikan dengan tekanan kepala sumur yang lebih rendah sehingga akan didapatkan laju alir gas yang lebih besar sehingga produksi gas akan meningkat, sebesar.

Kepala SKK Migas Perwakilan Sumbagut Rikky Rahmat Firdaus mengapresiasi tuntasnya pekerjaan BCP Seng yang dikelola oleh EMP Bentu Limited.

“SKK Migas akan terus memonitoring commissioning BCP Seng dapat beroperasi dengan maksimal, sehingga bisa menaikan produksi gas sebesar 5-10 MMSCFD,” kata Rikky saat melakukan kunjungan lapangan ke BCP Seng dan lokasi pengeboran Sumur NS-01.

Baca juga : Airlangga-Sri Mul Beresin 17 Ribu Kontainer Di Priok

Menurut Rikky, dengan adanya penambahan fasilitas dan sumur baru dari EMP Bentu ini diharapkan turut mendukung target produksi migas nasional yakni satu juta barel minyak dan 12 BCF gas per hari.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.