Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bos Pelindo IV: Proyek Makassar New Port Diawasi Ketat

Jumat, 29 November 2019 11:19 WIB
Direktur Utama PT Pelindo IV Farid Padang. (Foto: ist)
Direktur Utama PT Pelindo IV Farid Padang. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pelindo IV menegaskan proyek pembangunan Makassar New Port (MNP) yang dibangun sejak awal tahun 2015 mengikuti aturan-aturan yang berlaku.

Bahkan diawasi ketat oleh Tim Pengawal, Pengamanan Pemerintah, dan Pembangunan Daerah (TP4D) serta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). 

Baca juga : Keekonomian Proyek Infrastruktur Gas Harus Jadi Prioritas

Direktur Utama PT Pelindo IV Farid Padang menjelaskan, pembangunan MNP yang merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) dikawal dan diawasi langsung oleh oleh BPKP dan TP4D sehingga tahap demi tahap benar-benar sesuai dengan tata kelola yang dipersyaratkan. Auditnya pun langsung dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). 

"Pelindo IV telah melaksanakan good corporate governance (GCG) dengan clear and clean atau Tata Kelola Perusahaan yang bersih dalam semua proyek pelabuhan, termasuk MNP," tegasnya dalam keterangannya kepada Rakyat Merdeka, Jumat (29/11). 

Baca juga : Konser Perjalanan Panjang Ari Lasso Dibatalkan

Farid menepis tuduhan terkait adanya tudingan bahwa pihaknya telah menyewa lahan akses MNP sebesar Rp 500 juta secara tidak sah kepada pihak lain melalui PT Pembangunan Perumahan (PP).

Menurutnya, hubungan PT Pelindo IV dan PT PP hanya sebatas kontrak pekerjaan pembangunan MNP dan tidak ada kaitannya dengan persewaan lahan dan perairan, serta tidak pernah melakukan pembayaran sewa lahan dan perairan kepada PT PP. 

Baca juga : Di UIN Makassar, Amran Perkenalkan Mekanisasi Pertanian

"Setiap dokumen pembayaran telah direview oleh BPKP. Tidak ada bukti sama sekali kalau Pelindo IV mengeluarkan uang untuk sewa lahan tersebut dan Pelindo IV siap diklarifikasi oleh pihak-pihak terkait,"  ungkapnya.

Untuk diketahui, proyek pembangunan MNP dengan nilai investasi sebesar Rp 89,57 triliun yang memiliki panjang 9.923 meter tersebut diharapkan menjadi konektivitas bagi pelabuhan-pelabuhan yang ada di wilayah timur Indonesia. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.