Dark/Light Mode

Perum Jamkrindo Targetkan Volume Penjaminan 231,5 Triliun

Minggu, 1 Desember 2019 16:02 WIB
Direksi Perum Jamkrindo saat memberikan pohon ke Perhutani Bogor, Minggu (1/12). (Foto: Istimewa)
Direksi Perum Jamkrindo saat memberikan pohon ke Perhutani Bogor, Minggu (1/12). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) optimis bisa meraih laba sebesar Rp 751 miliar di tahun 2020 mendatang.

Capaian laba tersebut seiring dengan target volume penjaminan sebesar Rp 231,5 triliun di tahun 2020. Volume tersebut terdiri dari penjaminan KUR Rp 95 triliun dan non Kur Rp 136,5 triliun.

Direktur Keuangan Perum Jamkrindo I, Rusdonobanu mengatakan, sama seperti tahun ini, bisnis Jamkrindo tahun depan akan lebih banyak dikontribusi dari produk Non KUR.

"Sebanyak 30 persen KUR dan sisanya Non KUR," ungkap Rusdonobanu di acara Media Gathering Jamkrindo 2019 di Bogor, Minggu (1/12).

Baca juga : Di Jawa Timur, Fintech Asetku Salurkan Pinjaman Rp 543 M

Ia melanjutkan, berbagai hal akan mendorong pencapaian target tersebut. Diantaranya, masih masifnya pembangunan infrastruktur dan peluang adanya  sinergi BUMN. "Kami optimis bisa mencapai target-target tersebut," tegas Rusdonobanu.

Sementara itu, Direktur MSDM Umum dan Kepatuhan Perum Jamkrindo Sulis Usdoko menambahkansebagai perusahaan yang berfokus kepada UMKM, Perum Jamkrindo senantiasa mendukung kemajuan UMKM melalui peningkatan aksesibilitas finansial UMKM melalui penyediaan penjaminan yang inovatif, kompetitif dengan pelayanan profesional, efektif dan efisien secara berkelanjutan.

"Selain itu guna mengakselarasi percepatan peningkatan kapabilitas dan kualitas UMKM nasional Perum Jamkrindo juga berusaha menciptakan ekosistem bagi UMKM," kata Sulis.

Terbaru, Perum Jamkrindo menandatangani kesepakatan bersama dengan Pemerintah Kabupaten Sukabumi tentang peningkatan perekonomian masyarakat berbasis kampanye anti sampah plastik di Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark.

Baca juga : Pemerintah Targetkan 10 Juta Kartu Prakerja di 2020

Melalui serangkaian kegiatan yang dimulai dari peningkatan kesadaran masyarakat mengenai perlunya menangani sampah plastik, perekonomian masyarakat di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat bisa meningkat.

  Sebagai daerah yang memiliki potensi ekonomi pariwisata, Perum Jamkrindo menyadari bahwa permasalahan sampah di kawasan sekitar Ciletuh memiliki urgensi untuk dibenahi, agar wisatawan bisa datang. 

"Awalnya kami masuk dengan kampanye bebas sampah, namun pada ujungnya kami akan melakukan pemberdayaan bagi UMKM dan masyarakat di Ciletuh. " ujarnya.

Dalam acara media gathering dengan para awak media, Perum Jamkrindo juga mengadakan acara rehabilitasi hutan  di kawasan hulu sungai Ciliwung dengan melakukan penanaman 500 pohon di Desa Tugu Utara Puncak. 

Baca juga : Askrindo Salurkan Dana Sosial & Bina Lingkungan

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dengan Perhutani Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Puncak Lestari.

Simbolis penyerahan pohon dilakukan oleh Direktur MSDM, Umum dan Kepatuhan Perum Jamkrindo Sulis Usdoko dan juga Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko I. Rusdonobanu. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.