Dark/Light Mode

Inilah Transformasi Digital di Bandara Soekarno-Hatta

Selasa, 10 Desember 2019 19:15 WIB
Inilah Transformasi Digital di Bandara Soekarno-Hatta

 Sebelumnya 
Layanan Tasya ini dapat ditemukan di aplikasi Indonesia Airports dan E-kiosk di terminal.

Indonesia Airports Apps

Aplikasi ini bisa diunduh di iOS dan android, berisi tentang berbagai kebutuhan traveler semisal mobile check-in, concierge express, jadwal penerbangan, hingga informasi terkait transportasi publik, layanan Tasya, dan sebagainya.

Melalui pemanfaataan Indonesia Airports App, dalam prakteknya menjadikan pelayanan bandara ada di dalam genggaman (airport in your hand).

Airsport Arena

Tempat khusus bermain game online yang dilengkapi kursi dan meja khusus bermain game, headset, hingga Wifi berkecepatan tinggi sehingga memastikan koneksi tetap stabil dan tidak terputus.

Digital Droid

PT Angkasa Pura II kini juga memiliki robot bernama Dilo yang bertugas layaknya personel customer service, sekaligus menghibur traveler melalui program multimedia seperti musik, video, suara, dan lain sebagainya.

 

Robot Dilo di Bandarab? Soekarno-Hatta (Foto: Istimewa)

Baca juga : Maret 2020, Tol Kunciran-Serpong Tersambung Sampai Bandara Soetta

Robot Dilo juga dapat bergerak mengikuti irama musik, dan memandang lawan bicara.

Sleeping Pod

Bandara Internasional Soekarno-Hatta memiliki fasilitas sleeping pod di boarding lounge Terminal 3, yang dapat digunakan traveler untuk tidur atau beristirahat dengan nyaman dan aman di dalam pod canggih tersebut.

Capsule Hotel

Terminal 3 Soekarno-Hatta kini juga memiliki hotel kapsul yang dapat digunakan untuk beristirahat dengan hitungan jam hingga bermalam.

Di setiap kapsul canggih itu terdapat hiburan tv kabel, penyejuk udara, dan fasilitas lainnya. Capsule Hotel saat ini dikenal juga sebagai Digital Hotel karena fasilitas digitalnya yang memberikan “new experience” bagi para pelanggannya.

Concierge Express

Ini adalah salah satu layanan yang paling banyak diminati oleh traveler di Soekarno-Hatta. Layanan ini dapat dipesan melalui aplikasi Indonesia Airports.

Petugas Concierge Express menjadi solusi terhadap kebutuhan baggage handling di dalam gedung terminal.

Baca juga : Jenius Tech Hub Pertama Resmi Hadir di Bandung

Crowded Management System Display

Perangkat yang tersedia di dalam terminal ini dapat memberikan informasi mengenai berapa lama waktu tempuh bagi traveler untuk menuju ke suatu lokasi di dalam terminal dengan berjalan kaki.

Digital Way Finding

Apabila ingin cepat menuju suatu lokasi atau tenant di dalam terminal, traveler dapat mengikuti petunjuk yang diberikan oleh Digital Way Finding. Perangkat ini tersedia di dalam terminal.

Digital Map

Perangkat ini menampilkan secara lengkap area, tenant, dan setiap ruangan yang ada di terminal.

Automatic Robot Cleaner

Dengan luasan Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta diatas 300.000 meter persegi dibutuhkan mesin pembersih gedung (building cleaner) yang mampu meng-cover luasan tersebut dengan cepat.

Saat ini, sudah dioperasikan 1 (satu) unit automatic robot cleaner yang menggantikan fungsi manusia di Terminal 3.

Baca juga : Keren, AP II Buka Airport Learning Center di Bandara Soetta

Kelebihan dari Automatic Robot Cleaner adalah mampu mengcover luasan tertentu, lebih cepat, berulang dan tentu saja lebih nyaman penggunaannya.

Baggage Handling Monitoring System

Sistem ini dapat menampilkan status pergerakan bagasi melalui CCTV yang dimonitor langsung oleh passengers dari pesawat sampai ke break down area.

Termonitor juga berapa lama first bag dan last bag yg akan sampai ke belt conveyor dengan time counter display.

Rencananya, di tahun 2020, implementasi “smart and connected airport” di PT. Angkasa Pura II akan terus berlangsung dan mulai memasuki era baru dengan pemanfaatan big data analytics, virtual reality dan artificial intelligence.

PT Angkasa Pura II memahami bahwa era disrupsi di bandara ke depan, tidak hanya berdampak kepada disrupsi teknologi. Tetapi juga membawa dampak terhadap disrupsi regulasi kebandarudaraan, dan disrupsi kompetensi SDM pengelola bandara. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.