Dark/Light Mode

Mau Belanja Produk UMKM di Terminal 3 Bandara Soetta? Ke SMMILE Center Aja...

Minggu, 15 Desember 2019 13:39 WIB
Pengunjung Bandara Soekarno Hatta berbelanja produk UMKM di SMMILE Center. (Foto: Humas AP II)
Pengunjung Bandara Soekarno Hatta berbelanja produk UMKM di SMMILE Center. (Foto: Humas AP II)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bandara memang bukan cuma tempat untuk bepergian menggunakan pesawat terbang. Ataupun hanya digunakan sebagai tempat untuk melakukan penerbangan, dan pendaratan pesawat saja.

Konsep itu kini telah berubah. Seiring berjalannya waktu, fungsi bandara kini lebih luas. Terlebih di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, bandara terbesar di Indonesia.

Selaku pengelola Bandara Internasional Soekarno Hatta, PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II menjadikan bandara layaknya destinasi wisata yang layak dikunjungi. Berbagai fasilitas untuk pengunjung, juga telah tersedia di Bandara tersebut.

Tak hanya itu, Bandara Soekarno Hatta juga telah menjadi destinasi wisata belanja, sekaligus tempat pameran beragam karya hingga pemasaran hasil Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Hampir setiap terminal memiliki booth atau tempat pameran hingga pemasaran hasil UMKM, dari berbagai daerah.

Baca juga : HP iPhone X Yang Tertinggal di Terminal 3 Bandara Soetta Telah Bertemu Pemiliknya

Bahkan, di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta disediakan kawasan pengembangan UMKM yang dinamai SMMILE Center atau Small, Micro & Medium Business Incubator with Learning and Experience Center.

Pada event kali ini, bertempat di di SMMILE Center Area Plaza Terminal 3 Domestik, diselenggarakan SMMILE Food Festival 2019.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 12 Desember hingga 14 Desember, dari jam 10.00 sampai jam 21.00 ini mengundang banyak kehadiran pengguna jasa bandara.

Dari penumpang, pengunjung hingga pekerja bandara dapat menjumpai puluhan booth yang menawarkan berbagai karya UMKM dan jajanan yang sangat terjangkau. Juga dapat menikmati beragam pertunjukan dan live music.

 

Pertunjukan musik di SMMILE Center, Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. (Foto: Humas AP II)

Baca juga : Telah Ditemukan, iPhone X di ATM Center Gate 1 Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

Project Manager SMMILE Center, Ria Triska Handayani mengatakan, kegiatan ini rencananya digelar 3 hari dan telah berlangsung sejak Kamis (12/12) lalu. Namun, diperpanjang hingga Minggu (15/12) ini.

"Saat ini, terdapat 30 tenant yang terdiri dari 12 tenant food & beverage dan sisanya art craft, fashion, aksesoris dan lainnya," kata Ria saat dijumpai di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Sabtu (14/12) malam.

"Melihat animo dari pengguna jasa bandara, kegiatan ini akan diperpanjang menjadi 4 hari. Jadi rencananya setiap pekannya akan hadir mulai Jumat hingga Minggu," tambahnya.

Ke depannya, lanjut Ria, pihaknya akan mengundang berbagai komunitas yang tidak terbayangkan akan tampil di Bandara. Seperti komunitas pecinta burung, pelukis mural, pehobi mobil antik, seniman teater, dan lain lain.

"Itu sedang kami lakukan pendekatan untuk dihadirkan ke sini. Jadi, bandara ini bisa menjadi semacam tempat destinasi wisata. Dalam hal ini, destinasi wisata belanja dan wisata kuliner," pungkasnya.

Baca juga : Menhub Belum Terima Surat Pergantian Nama Bandara Kertajati

Seperti diketahui, AP II telah mendirikan SMMILE Center di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, yang merupakan pusat inkubasi UMKM (Small, Micro & Medium Enterprise/SME Experience Center). Lalu pusat pelatihan UMKM (SME Training Center) dan pusat pembiayaan UMKM (SME Financial Center).

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, SMMILE Center secara holistik membantu UMKM untuk berkembang secara berkelanjutan.

“Di SMMILE Center, pengembangan UMKM dilakukan mulai dari inkubasi, pelatihan hingga pembiayaan. Yang terpenting adalah adanya keberlanjutan dalam program pengembangan UMKM yang memiliki suatu nilai tambah, dan berkontribusi terhadap perekonomian nasional,” ujar Awaluddin, Sabtu (14/12). [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.