Dark/Light Mode

Pake Sistem Internet, Pelindo lll Permudah Layanan Kepada Mitra Bisnis

Kamis, 19 Desember 2019 22:39 WIB
Direksi Pelindo III melihat Port Operation Command Center (POCC). (Foto: ist)
Direksi Pelindo III melihat Port Operation Command Center (POCC). (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pelindo III meluncurkan sistem pelayanan kepelabuhanan berbasis internet bernama Port Operation Command Center (POCC). Hal ini dilakukan guna memberikan kenyamanan bagi mitra bisnis.

Dirut Pelindo III, Doso Agung mengatakan, POCC yang beroperasi selama 24 jam non stop dalam 7 hari merupakan sistem layanan digital berbasis internet yang mengatur seluruh aktivitas kepelabuhan baik bongkar muat maupun jadwal sandar kapal di pelabuhan. Nantinya, sistem ini akan menghubungkan antara petugas Pelindo III, stakeholder pelabuhan dan mitra bisnis atau pemilik kapal dalam satu layanan, sehingga semakin mempermudah proses koordinasi di pelabuhan.

Baca juga : Pertumbuhan GMV Lebih Dari 200 Persen, TaniHub Lanjutkan Ekspansi Bisnis

"POCC merupakan terobosan pelayanan yang kami berikan kepada para stakeholder dan mitra bisnis di empat regional di bawah wilayah kerja, di antaranya Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Nusa Tenggara dan Kalimantan. Harapannya, melalui sistem ini pelayanan kegiatan kepelabuhanan yang selama ini terlaksana bisa semakin cepat dan mudah," katanya dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (19/12).

Doso menambahkan, melalui POCC, mitra bisnis tidak perlu lagi repot harus datang ke pelabuhan hanya sekedar untuk koordinasi kapal sandar atau bongkar muat. Adapun, fungsi POCC adalah mengintegrasikan sistem internal seperti operasional terminal, pelayanan kapal, anjungan atau pelayanan tagihan, dan lainnya, dengan sistem eksternal seperti Inaportnet (sistem informasi kepelabuhanan). 

Baca juga : Turunkan Stunting, Pemerintah Perlu Beri Perhatian Khusus pada Posyandu

POCC, kata Doso, akan mengintegrasikan sistem-sistem internal dan eksternal, agar saat ada kondisi tidak normal (unusual condition) yang mungkin terjadi di operasional pelabuhan yang kompleks. Di sisi lain, sistem ini juga memasukkan unsur manusia yang selalu siaga di pusat kontrol untuk memberikan solusi dengan cepat dan tepat.

Doso optimistis, POCC akan mendorong ketepatan perencanaan sandar dan bongkar muat kapal, mengurangi waiting time, serta meminimalkan idle time dan not operation time, sehingga secara total akan menekan Turn Round Time (TRT). Selain itu, diharapkan dapat mencapai penerbitan tagihan dalam satu hari (one day billing), sehingga proses bisnis dapat berlangsung lebih cepat.

Baca juga : Prestasi Moncer, Tata Kelola Perusahaan Kian Meningkat

Sebelumnya, Pelindo III sudah meluncurkan dan mengujicobakan layanan POCC di regional Jawa Timur pada 6 Desember 2018. Hasilnya, layanan ini mampu memperingkas waktu pelayanan rata rata hingga 30 persen dibandingkan dengan sistem sebelumnya.  "Layanan POCC mulai hari ini resmi bisa dimanfaatkan oleh seluruh regional Pelindo III," ujarnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.