Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pemulihan Gempa Palu-Donggala

90 Persen Bantuan Li Ka Shing-CK Hutchinson Tersalurkan

Kamis, 24 Januari 2019 11:21 WIB
Bencana gempa di Palu menjadi perhatian Li Ka Shing - CK Hutchinson. Sudah Rp 63 milar bantuan tersalurkan.(Foto : Twitter @Sutopo_PN)
Bencana gempa di Palu menjadi perhatian Li Ka Shing - CK Hutchinson. Sudah Rp 63 milar bantuan tersalurkan.(Foto : Twitter @Sutopo_PN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bantuan kemanusian dari Li Ka Shing - CK Hutchinson untuk korban bencana Palu-Donggala sudah tersalurkan. Sampai Desember 2018,  90 persen dari Rp 75 miliar bantuan yang terkumpul sudah digunakan.

Mayoritas dana, atau sekitar Rp 63 miliar digunakan untuk membangun hunian sementara (huntara) yang tersebar di tiga site di Palu. Yakni di Petobo, Pacuan Kuda, dan Universitas Tadulako.

Baca juga : Kepala BNPB: Huntap Harus Kelar 3 Bulan Lagi

Sebagian dana lainnya dipakai untuk pengadaan fasilitas kesehatan di rumah sakit (RS) di Palu dan fasilitas pengolahan air bersih berkapasitas 10 liter/detik di daerah Kawatuna, Palu.

Sisa dana bantuan kemanusiaan rencananya digunakan antara lain untuk pembentukan kerja sama dengan pemda setempat atau lembaga lainnya, untuk penyusunan feasibility study atau studi kelayakan, dan detail engineering design untuk penyiapan rekonstruksi infrastuktur. Serta rekonstruksi fasilitas umum dan fasilitas sosial di daerah terdampak bencana.

Baca juga : Menteri Susi Tetap Larang Cantrang

"Kami mendapat laporan dari PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (SMI) sebagai pengelola dana bantuan Li Ka Shing - CK Hutchison, bahwa penggunaan dananya sudah terserap dengan baik. Semoga, fasilitas hunian sementara dan beberapa fasilitas kesehatan yang disediakan, dapat membantu masyarakat Palu-Donggala untuk bangkit menjalani hidup yang lebih baik lagi," jelas Rianti Ang, Chief Executive Officer (CEO) Hutchison Port Indonesia (HPI), di dalam keterangan tertulisnya Kamis (24/1).

Rianti menjelaskan, untuk pengadaan huntara, pihaknya menargetkan membangun 48 unit. Dari jumlah itu, sebanyak 35 unit sudah hampir rampung. Huntara yang dibangun untuk para korban bencana ini mayoritas berada di site Petobo, sebanyak 33 unit. Site Pacuan Kuda 10 unit, dan site Universitas Tadulako 5 unit.

Baca juga : Utang Rp 4.418 Triliun, Sri Mulyani Bilang Aman

Wilayah Petobo merupakan salah satu daerah terdampak paling parah dalam musibah gempa dan timbunan lumpur (likuifaksi) di Palu, beberapa waktu lalu. Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, 744 unit rumah di Petobo tertimbun lumpur akibat gempa bumi pada 28 September 2018.

Rianti juga menyampaikan apresiasinya terhadap PT SMI yang telah berhasil menyalurkan bantuan dari Li Ka Shing - Hutchison Holdings. “Bantuan ini merupakan wujud nyata dari komitmen Li Ka Shing - Hutchison Holdings, untuk berkontribusi bagi perbaikan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Indonesia,” ujar Rianti. (IPL)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.