Dark/Light Mode

Tancap Gas Bangun Terminal 4, AP ll Gelontorin Investasi Rp 14 T

Jumat, 24 Januari 2020 13:25 WIB
Muhammad Awaluddin (kanan). (Foto: Istimewa)
Muhammad Awaluddin (kanan). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura II (AP II) tancap gas memenuhi perintah dari Presiden Jokowi untuk membangun terminal 4 di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta). Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, mengungkapkan, perkiraan nilai investasinya sekitar Rp 12-14 triliun untuk satu gedung terminal 4.        

Menurut Awaluddin, saat ini pihaknya fokus mempercepat desain terminal 4. Kick off perumusan desain terminal 4 sudah dilakukan pada 27 Desember 2019. "Saya akan pastikan bahwa di akhir 2020 ini desain gedung terminal 4 sudah selesai sehingga kami bisa mulai untuk fase konstruksi awal di awal 2021," ujarnya.      

Awaluddin memprediksi, kebutuhan lahan untuk terminal 4 sebesar 102 hektare. Meski besar, ia memastikan tidak perlu ada pembebasan lahan. Karena semuanya telah tersedia di kawasan Bandara Soetta. "Ini memang lahan terakhir yang memang kita khususkan untuk terminal 4," jelasnya.      

Baca juga : Rombak Pelabuhan Ibu Kota Baru, Pelindo lV Guyur Investasi 38 M

Awaluddin mengatakan, saat ini desain konseptual terminal 4 dikerjakan konsorsium KSO Karya Bersama Nusantara yang dipimpin perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Bina Karya (Persero).        

Dia mengklaim, terminal 4 bakal jadi terminal terbesar di Indonesia. Nantinya, terminal 4 Soetta akan memiliki kapasitas 40-45 juta penumpang per tahun.         

Dengan begitu, semua terminal di Bandara Soetta mulai dari 1,2,3, dan 4 diproyeksikan bisa menampung 105-110 juta penumpang per tahun. Jumlah ini meningkat signifikan. Saat kali pertama dibangun pada 1986, kapasitas terminal 1 dan 2 Soetta hanya 22 juta penumpang per tahun.      

Baca juga : Tancap Gas Bangun Kilang, Pertamina Optimalkan Keterlibatan Industri Dalam Negeri

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta agar terminal 4 Bandara Soetta segera dibangun. Permintaan tersebut disampaikan di sela peresmian sejumlah fasilitas di Bandara Soetta pada Kamis (23/1) kemarin. "Saya tanyakan lagi karena sudah pernah saya perintahkan setahun yang lalu, untuk membangun segera lagi terminal yang ke-4," kata Jokowi.      

Jokowi mengatakan, Dirut Angkasa Pura II sudah menyampaikan desain akan segera diselesaikan secepatnya sehingga bisa segera dimulai pembangunannya. Diharapkan 2022 atau paling lambat awal 2023 terminal 4 Bandara Soetta sudah bisa operasi.

"Karena sudah kelihatan traffic semakin banyak, penumpang semakin banyak, jangan kita menunggu sampai penuh lagi. Sebelum penuh itu harus disiapkan dulu sehingga masyarakat, rakyat terlayani oleh Bandara Soekarno Hatta ini," ujarnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.