Dark/Light Mode

Hadapi Kuliner Asing

Kesotoan Nusantara Dideklarasikan

Senin, 3 Februari 2020 22:22 WIB
Hadapi Kuliner Asing Kesotoan Nusantara Dideklarasikan

RM.id  Rakyat Merdeka - Hingar bingar klaim munculnya sejumlah kerajaan memang mereda. Namun masih ada yang memanfaatkan untuk bisnis kuliner jenis Soto.

Adalah Soto Seger Boyolali HJ Amanah, sebuah rumah makan soto yang dijadikan area deklarasi Kesotoan Nusantara, di kawasan Lebak Bulus.

Baca juga : 29 Raja Nusantara Diundang Perayaan Imlek Nasional

Ubaidilah alias Ubay sang pemilik rumah makan menilai selera kuliner masyarakat Indonesia belakangan makin kalah pamor merek asing. Bahkan dia menyebut dijajah oleh brand kuliner luar.

Kondisi ini mestinya bisa diantisipasi pasalnya, brand tersebut membawa sebagian besar keuntungannya ke negara mereka masing-masing.

Baca juga : Kuras Keringat, Thiem Lolos Putaran Ketiga Australia Open

“Nusantara ini masih dijajah oleh brand-brand kuliner asing. Keuntungannya mereka bisnis ya mereka bawa ke negeri mereka. Seharusnya kita bisa besarkan produk lokal seperti soto untuk mendukung perekonomian nasional," paparnya.

Menurut Ubay, Indonesia yang dia sebut sebagai Nusantara punya lebih dari 70 vairan soto. Akan sangat menguntungkan, lanjut Ubay, jika semua soto tumbuh dan berkembang menjadi kebanggaan masyarakat,"

Baca juga : Banjar Angkat Pamor Buah Lokal, Ratusan Varietas Durian Dikonteskan

“Selain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, berdirinya Kerajaan Kesotoan Nusantara juga untuk mempererat persatuan antar sesama anak negeri," imbuhnya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.