Dark/Light Mode

Survei Konsumen Januari 2020

Optimisme Konsumen Tetap Terjaga

Kamis, 6 Februari 2020 10:18 WIB
Survei Konsumen Januari 2020 Optimisme Konsumen Tetap Terjaga

RM.id  Rakyat Merdeka - Survei Konsumen Bank Indonesia pada Januari 2020, mengindikasikan optimisme konsumen tetap terjaga.

Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Januari 2020, yang tetap berada pada level optimis (di atas 100) yakni sebesar 121,7.

Baca juga : APG Diundur, Kemenpora Optimistis Indonesia Tetap Juara Umum

Angka ini lebih rendah dibanding IKK pada Desember 2019 sebesar 126,4. Namun, optimisme konsumen yang tetap terjaga tersebut terjadi pada seluruh kelompok pengeluaran.

Persepsi terhadap kondisi ekonomi saat ini, dan ekspektasi terhadap kondisi ekonomi ke depan yang tetap baik, menopang optimisme konsumen tetap terjaga.

Baca juga : Libur Tahun Baru 2020, Penumpang Kereta Api Naik 4 Persen

Pandangan positif konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, tercermin dari kondisi penghasilan dan pembelian barang tahan lama. Di samping itu, konsumen tetap berekspektasi positif terhadap penghasilan, ketersediaan lapangan kerja, dan kegiatan usaha pada enam bulan mendatang.

Konsumen memprakirakan tekanan kenaikan harga pada 12 bulan mendatang (Januari 2021) akan meningkat. Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga 12 bulan yang meningkat dibanding indeks pada bulan sebelumnya.

Baca juga : Januari 2020, AP I Kelola Bandara Sentani Jayapura

Peningkatan tekanan harga tersebut dipengaruhi oleh permintaan, yang diprakirakan lebih tinggi pada tahun depan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.