Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lompatan Bahlil Dapat Jempol Banyak Pihak

Jumat, 7 Februari 2020 14:29 WIB
Kinerja Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia bersama Presiden Jokowi (Foto: Istimewa)
Kinerja Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia bersama Presiden Jokowi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kinerja Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dipuji banyak kalangan. Sebab, mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) tersebut mampu melampaui target investasi di 2019.

Target investasi pada 2019 adalah Rp 792 triliun. Namun, realisasinya mencapai Rp 809,6 triliun. Apabila dibandingkan dengan 2018, realisasi ini naik 12,24 persen dari Rp 721,3 triliun.

Kontribusi ini berasal dari penanaman modal dalam negeri (PMDN) sebesar Rp 386,5 triliun dan penanaman modal asing (PMA) sebesar Rp 423,1 triliun. Artinya, investasi asing meningkat 10 persen dibandingkan 2018 yang sebesar Rp 392,7 triliun. Sementara investasi dalam negeri naik 17,6 persen dibandingkan 2018 yang sebesar Rp 328,6 triliun.

Baca juga : Yang Gugat Pemprov DKI Soal Banjir Punya Motif Politik?

Salah satu apresiasi disampaikan ekonom Azrul Tanjung. Azrul menilai, langkah taktis di lapangan dan ketegasan Bahlil ikut mendorong kinerja BKPM. Dengan kata lain, target investasi yang melampaui rencana ini memang hasil tangan dingin Bahlil

Azrul menjelaskan, manfaat sebuah investasi bagi sebuah negara, termasuk investasi asing. Pertama, investasi asing diperlukan untuk membiayai program percepatan pembangunan nasional. “Sebab, aliran modal yang masuk ke dalam negeri dapat menggerakkan roda perekonomian dan meningkatkan pendapatan negara,” ucapnya, Jumat (7/2)

Kedua, investasi yang masuk ke Indonesia tentu akan berkontribusi terhadap penciptaan lapangan pekerjaan. Tentu saja, setelah investasi itu masuk, pemerintah harus memastikan sebab penyerapan tenaga kerja belum tentu sama. "Ketiga, investasi yang masuk bisa meningkatkan nilai ekspor," ungkap penulis buku “Arus Baru Ekonomi Indonesia” ini.

Baca juga : Tahun Baru, Trafik Data Telkomsel Naik 16 Persen

Hal senada disampaikan ekonom dari Institut Teknologi dan Bisnis, Sutia Budi. Sejak semua Sutia Budi optimis dengan penujukan Bahlil sebagai Kepala BKPM. Sebab, Bahlil merupakan sosok yang pekerja keras dan merasakan betul bagaimana melaukan mobilitas sosial. "Kini praktekkan dalam meningkatkan investasi Indonesia. Dan terbukti," ungkap Budi.

Tokoh nasional yang dekat dengan Presiden Jokowi, Maruarar Sirait, juga mengapresiasi kinerja Bahlil. Sebagai senior Bahlil, Maruarar juga tahu persis bagaimana Bahlil memiliki jaringan yang luas di daerah serta mengerti betul kondisi lapangan. "Bahlil ini seorang aktivis yang idealis," ungkap Ara, sapaan akrab Maruarar.

Maruarar juga yakin Bahlil berkomitmen dalam menjalankan tugas dan fungsinys sebagai Kepala BKPM sebagaimana harapan dari Presiden Joko Widodo. Ara juga percaya Bahlil mampu menjalankan tekad dan keinginan Jokowi. "Saya yakin Bahlil mampu melakukan lompatan dan percepatan," pungkas Ara. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.