Dark/Light Mode

La Liga

Lagi, Messi Dapat Stempel Playmaker Terbaik Dunia

Jumat, 29 November 2019 04:53 WIB
Lionel Messi. (Foto : Istimewa)
Lionel Messi. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lionel Messi menambah catatan kesuksesan dalam karirnya. Bukan cuma jago mencetak gol. Dia juga dewanya playmaker.

Untuk kali keempat, La Pulga, julukannya dinobatkan sebagai playmaker terbaik 2019 oleh Federation of Football History & Statistics (IFFHS) atau federasi internasional pencatat rekor dan statistik sepakbola dunia.

Baca juga : 9 Hari Lagi, MRT Jakarta Terbitkan Kartu Multi Trip

Dalam penilaian yang dilalukan oleh IFFHS Messi mendapat poin terbanyak dengan 299 poin. Dia menyisihkan Kevin De Bruyne (Manchester City) dengan 85 ppin dan Eden Hazard (Real Madrid) dengan 55 poin.

Bagi Messi, status playmaker terbaik dunia ini menjadi yang keempat setelah pada 2015, 2016, dan 2017--dengan tahun lalu gelarnya sempat direbut Luka Modric (Real Madrid). Empat gelar playmaker tersebut membuat Messi menyamai torehan eks rekannya di Barcelona, Xavi Hernandez.

Baca juga : Delon Nikah Lagi, Yeslin Wang Rajin Pamer Mimik Ceria

Total, Messi sudah mengumpulkan 10 gelar dari IFFHS dalam 9 tahun terakhir, yang menjadi rekor tersendiri IFFHS. Baca juga: Joao Felix Raih Gelar Golden Boy Award 2019 Selain pemain pria, IFFHS juga menunjuk Megan Rapinoe sebagai playmaker putri terbaik.

Duo Liverpool, Juergen Klopp dan Alisson Becker mendapat jatah gelar pelatih dan kiper terbaik. Fernando Santos (Portugal) menjadi pelatih tim nasional terbaik, dan Sari van Veenendaal (Belanda) menjadi kiper tim nasional terbaik. Kemudian, Stephanie Frappart (Prancis) menjadi wasit wanita terbaik serta Damir Skomina (Slovenia) yang menjadi wasit putra terbaik IFFHS. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.