Dark/Light Mode

K3S Untung Besar

Penurunan Harga Gas Jangan Sampai Rugikan PGN

Senin, 10 Februari 2020 21:30 WIB
Ilustrasi gas industri. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi gas industri. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Wakil Ketua Komisi VI DPR Inas Nasrullah Zubir mempertanyakan apakah keputusan pemerintah untuk menurunkan harga gas industri di hilir sebuah langkah yang tepat.

Mantan anggota DPR RI periode 2004-2019 ini pun memberikan data soal harga gas regional hulu di mulut sumur (wellhead) “Data yang saya miliki, harga gas regional di wellhead misalnya untuk wilayah Jawa Barat sudah di kisaran 5,5- 6,99 dolar AS per Million British Thermal Units/MMBTU,” kata Inas di Jakarta, Senin (10/2).

Baca juga : Penurunan Harga Gas Jangan Matikan Industri Mid Stream

Dia, merinci harga gas regional lainnya adalah, Cirebon 6,7-6,96 dolar AS per MMBTU, Batam 5,63-6,37 dolar AS per MMBTU, Pekanbaru 7,95- 8,42 dolar AS per MMBTU, Dumai 6,54- 7,50 dolar AS per MMBTU, Medan 7,51- 8,78 dolar AS per MMBTU, dan Jawa Timur 7,32- 7,44 dolar AS per MMBTU.

“Dari data harga di atas sudah sangat terang benderang bahwa kontraktor kontrak kerja sama (K3S) yang mengeruk keuntungan paling besar.

Baca juga : DPR Ingatkan Data Pangan Tak Korbankan Petani

Padahal, para K3S itu sudah menikmati cost recovery, yakni semua biaya operasional kontraktor diganti oleh negara,” ungkap dia.

Inas menjelaskan, oleh karena itu berdasarkan angka cost recovery, terkait realisasi lifting gas, sudah seharusnya pemerintah melalui SKK Migas bisa menghitung harga keekonomian gas di hulu untuk kemudian dinegosiasikan kembali dengan para K3S tersebut,

Baca juga : 83 Lembaga Penyalur BBM Satu Harga Dibangun Tahun Ini

“Pemerintah sebaiknya bisa meminta K3S tersebut transparan dalam menghitung harga gas di wellhead. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.