Dark/Light Mode

Mudik Bareng, Jasa Raharja Komandoi 106 BUMN

Selasa, 25 Februari 2020 21:51 WIB
Direktur Utama Jasa Raharja, Budi Raharjo jumpa pers persiapan Mudik Bareng BUMN. (Foto: Ist)
Direktur Utama Jasa Raharja, Budi Raharjo jumpa pers persiapan Mudik Bareng BUMN. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jasa Raharja dipercaya oleh Kementerian BUMN sebagai Ketua Satuan Tugas (Satgas) Mudik Bareng BUMN untuk angkutan Lebaran 2020. Ada 106 BUMN di bawah satgas ini yang siap menyediakan mudik gratis untuk masyarakat di Lebaran tahun ini.

Direktur Utama Jasa Raharja, Budi Raharjo mengatakan, Program Mudik Gratis merupakan perwujudan peran BUMN sebagai agent of development, dilandasi semangat kolaborasi yang bernilai sosial tinggi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat guna merayakan Lebaran di kampung halaman. "Semangat dan tujuan dari mudik bareng ini adalah komitmen dan kontribusi kami 107 BUMN, termasuk Jasa Raharja di dalamnya, untuk melayani sekaligus memfasilitasi masyarakat yang akan pulang ke kampung halaman dengan kemudahan, nyaman, dan aman serta kepastian pemberangkatan yang terjamin," ujar Budi saat konferensi pers di Kantor Pusat Jasa Raharja, Selasa (25/2).

Baca juga : Duet Bareng Ditjen Hubdat, Jasa Raharja Kembali Gelar Mudik Gratis Nataru

Lebih lanjut, Budi menjelaskan, pada 2020, target pemudik yang akan diberangkatkan sejumlah 275 ribu orang atau meningkat 10 persen dibandingkan 2019, yaitu 250 ribu orang. Moda kendaraan yang digunakan terdiri dari bus, kapal laut, kereta api dan pesawat udara dengan lokasi keberangkatan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

"Progran Mudik bareng BUMN diharapkan mampu mengurangi laju kendaraan sepeda motor dalam arus mudik, yang diupayakan untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan. Dalam hal ini BUMN juga ingin meningkatkan Brand Equity-nya sebagai perusahaan yang peduli terhadap tanggung jawab sosial dan lingkungan tak terlepas dari upaya untuk menggerakkan tingkat ekonomi daerah," ujarnya.

Baca juga : Ngaji Bareng Gus Baha

Jasa Raharja memberikan persyaratan yang cukup mudah bagi pemudik untuk mengikuti program Mudik Gratis Bareng BUMN dengan tema “Mudik BUMN Selamat Bahagia”. Dengan fasilitas yang sangat istimewa, baik dari kendaraan yang sudah teruji keamanan juga kenyamanannya, disediakan juga obat-obatan bagi pemudik yang mengalami keluhan, serta goodie bag sebagai buah tangan. Cukup dengan KTP, Kartu Keluarga, SIM C, dan STNK Motor, calon pemudik sudah bisa mendaftarkan diri sebagai persyaratan yang diharuskan. 

"Pendaftaran Mudik Bareng BUMN dimulai Maret 2020 dengan sistem online dan persyaratan tentunya. Guna menunjang sarana kegiatan mudik, maka didukung dengan kolaborasi BUMN seperti pengadaan bus oleh Damri, transportasi kapal laut oleh Pelni dan ASDP, transportasi kereta api oleh PT KAI, transportasi pesawat udara oleh Garuda Indonesia dan atribut pemudik oleh Sarinah," jelasnya.

Baca juga : Pemerintah Targetkan 10 Juta Kartu Prakerja di 2020

Pada 19 Mei 2020 (H-6) rencana akan dilaksanakan Flag Off Mudik Bareng BUMN Tahun 2020 di Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta. Adapun masyarakat yang ingin mendaftarkan diri mudik gratis ini maupun melihat ketersedian kuotanya secara realtime dapat dilihat melalui situs dan aplikasi.

"Untuk kereta api, pendaftaran online akan dilaksanakan pada 10-14 Maret melalui aplikasi mobile JRku yang dapat diunduh di Google Play Store dan App Store. Kalau untuk bus dan kapal laut dibuka mulai tanggal 31 Maret hingga 17 April 2020 melalui website mudik.jasaraharja.co.id atau aplikasi Jrku," tukasnya. [DIT]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.