Dark/Light Mode

Beroperasi Penuh 29 Maret

Bandara Internasional Yogyakarta Didukung Transportasi Multi-moda

Kamis, 26 Maret 2020 15:56 WIB
Kereta Api (KA) Bandara dan KA Prambanan Ekspress (Prameks) dari dan menuju Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), merupakan transportasi darat dengan waktu tempuh lebih cepat, waktu tempuh 45 menit hingga 60 menit. (Foto : Humas Angkasa Pura I)
Kereta Api (KA) Bandara dan KA Prambanan Ekspress (Prameks) dari dan menuju Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), merupakan transportasi darat dengan waktu tempuh lebih cepat, waktu tempuh 45 menit hingga 60 menit. (Foto : Humas Angkasa Pura I)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo yang akan dioperasikan secara penuh pada Minggu 29 Maret mendatang telah didukung oleh transportasi darat multi-moda yang cukup lengkap. 

Hal ini memudahkan pengguna jasa bandara dalam melakukan alih moda transportasi ketika melakukan perjalanan udara melalui YIA.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi menegaskan, dukungan transportasi multi-moda ini merupakan upaya Angkasa Pura I bersama para pemangku kepentingan transportasi darat lainnya, baik regulator dan operator layanan transportasi, untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang yang melakukan perjalanan udara melalui Bandara YIA

Baca juga : Seluruh Penerbangan Internasional di Bandara Soekarno-Hatta Tetap Beroperasi, Kecuali dari dan ke China

"Diharapkan, kemegahan serta nilai seni dan budaya di YIA yang dilengkapi dengan dukungan sarana transportasi multi-moda akan memberikan pengalaman perjalanan yang berkesan bagi para pengguna jasa bandara," ujar Faik Fahmi dalam keterangan pers di Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Adapun beragam jenis transportasi multi-moda tersebut yaitu airport shuttle yang disediakan oleh Damri dan SatelQu, taksi berargo, angkutan sewa khusus, dan kereta api untuk menuju pusat Kota Yogyakarta dan beberapa daerah di sekitar Provinsi Yogyakarta seperti Cilacap, Kebumen, Purwokerto, Purworejo, Banjarnegara, Wonosobo, dan lainnya.

"Untuk mencapai YIA dari pusat Kota Yogyakarta, penumpang dapat memilih beberapa titik keberangkatan dari beberapa penyedia layanan transportasi darat," katanya.

Baca juga : Beri Apresiasi, Anies Sebut Bank DKI Pemersatu Transportasi Jakarta

Adapum layanan shuttle bus Damri, terdapat beberapa titik keberangkatan dengan estimasi waktu tempuh 1-2 jam perjalanan, yaitu: Bandara Adisutjipto-YIA : 2 jam, Malioboro-YIA : 1,5 jam dan Ambarketawang-YIA : 1 jam.

Sedangkan titik keberangkatan Damri menuju YIA yaitu Bandara Adisutjipto, Pool Damri, Jalan Affandi, Galeria Mall, Bundaran UGM, Sleman Citi Hall, Candi Borobudur, Grand Inna Malioboro, Hotel Limaran, Rest Area Ambar Ketawang, Stasiun Wojo, dan Kebumen. 

"Estimasi biaya Damri menuju YIA yaitu berkisar dari Rp 25.000,- hingga Rp 70.000,-, bergantung pada jarak tempuh," papar Faik.

Baca juga : Gunung Merapi Erupsi, Penerbangan Ke Yogyakarta Masih Normal

Sedangkan jam operasional Damri sejak pukul 03.00 hingga 20.00 WIB dengan interval waktu berangkat (headway) selama 30 menit sekali di titik keberangkatan Ambarketawang dan Stasiun Maguwo (Bandara Adisutjipto).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.