Dark/Light Mode

Pergerakan Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma Turun, Warga Jakarta Patuhi Imbauan Tetap di Rumah

Senin, 30 Maret 2020 18:56 WIB
Foto: Humas AP II
Foto: Humas AP II

RM.id  Rakyat Merdeka - Imbauan pemerintah untuk tidak bepergian ke luar kota dan tetap berada di rumah (stay at home) serta kerja dari rumah (work from home) selama pandemi Covid-19, direspons baik atau cukup dipatuhi oleh warga Jakarta, jika acuannya adalah tren pergerakan penumpang pesawat.

Jakarta merupakan provinsi dengan kasus Covid-19 terbanyak di Indonesia. Karena itu, warga Ibu Kota diharapkan tidak melakukan perjalanan ke luar kota.

Faktanya, warga Jakarta dan sekitarnya memang mengurangi bepergian dengan pesawat melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Banten) dan Halim Perdanakusuma (Jakarta).

Baca juga : Alhamdulillah, Warga Jakarta Nurut Imbauan Kerja Di Rumah

“Jika melihat data pada periode 14 hari work from home dan stay at home atau pada 16-29 Maret 2020, terjadi tren penurunan pergerakan penumpang pesawat di Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma. Itu berarti, masyarakat merespons baik himbauan pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujar Presiden Direktur PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.

Pada 7 hari pertama periode stay at home dan work form home (16-22 Maret), jumlah pergerakan penumpang pesawat rute domestik di Soekarno-Hatta tercatat 763.633. Sedangkan pada 7 hari kedua (23-29 Maret) menjadi 500.080 atau turun 34,51 persen.

Sementara itu, pergerakan pesawat turun 34,22 persen dari 6.069 pergerakan menjadi 3.992 pergerakan.

Baca juga : Aman, Bandara Halim Perdanakusuma Kembali Beroperasi Normal

Di Halim Perdanakusuma, pada 7 hari pertama (16-22 Maret), jumlah penumpang rute domestik tercatat 86.653 penumpang. Angka ini turun 35,07 persen menjadi 56.265 penumpang pada 7 hari kedua (23-29 Maret).

Seiring dengan itu, pergerakan pesawat juga mengalami penurunan 18,82 persen, atau dari 1.217 pergerakan menjadi 988 pergerakan.

Awaluddin mengatakan, data juga mengindikasikan bahwa penumpang yang bepergian ke luar Jakarta, akan kembali lagi ke Jakarta sesegera mungkin.

Baca juga : Angkasa Pura I Manjakan Penumpang Pada Momentum Pergantian Tahun 

"Pergerakan pesawat masuk ke Jakarta lebih tinggi dibanding keluar Jakarta. Data juga menyebutkan, penumpang yang keluar Jakarta akan segera kembali ke Jakarta," papar Awaluddin.

"Dilihat dari Top 10 Destinasi Favorit, penerbangan yang meninggalkan Jakarta jumlahnya imbang dengan penerbangan yang datang di Jakarta. Indikasinya, pesawat yang datang ke Jakarta itu membawa kembali penumpang, yang sebelumnya meninggalkan Jakarta,” lanjutnya.

Top 10 Destinasi Rute Domestik dari Soekarno-Hatta adalah Medan, Palembang, Padang, Pontianak, Semarang, Solo, Surabaya, Denpasar, Balikpapan dan Ujung Pandang. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.