Dark/Light Mode

Sahamnya Naik, LPKR Dapat Berkah dari Kebijakan Ubah Mall Jadi RS

Kamis, 9 April 2020 10:44 WIB
Pergerakan kenaikan saham/Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Pergerakan kenaikan saham/Ilustrasi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sepekan terakhir, Saham PT Lippo Karawaci Tbk tercatat menjadi salah satu yang paling aktif diperdagangkan investor asing. Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), harga saham emiten bersandi LPKR naik hingga 22 persen dalam sepekan.         

Kepala Riset Reliance Sekurtias, Lanjar Nafi, menjelaskan, kenaikan saham itu dikarenakan investor memanfaatkan momentum dari situmulus yang dikucurkan secara besar-besaran, baik oleh negara maju, maupun pemerintah Indonesia untuk memerangi pandemi Covid-19. Selain itu, berita bahwa terjadi penurunan sejumlah kasus Covid-19 di berbagai belahan dunia jadi kabar positif ke pasar. Meski memang dari sisi data, bisa naik turun.       

“Kenaikan itu juga karena ada momentum di saat mayoritas bursa global ikut menghijau. Investor juga memanfaatkan momentum itu. Juga, untuk LPKR ada sentimen positif lain terkait sejumlah mall mereka yang diubah jadi rumah sakit, untuk bantu pemerintah,” ujar Lanjar.         

Baca juga : Korban PHK Dan Pekerja Harian Yang Terimbas Corona Akan Dibantu Kartu Pra Kerja

Tentu saja, pergerakan positif itu, akan lebih bertahan lama jika pemerintah benar-benar memberi kebijakan yang dapat menenangkan pasar dalam menangani Covid-19. Nah, kata Lanjar, saat ini pemerintah belum terlalu agresif. Cenderung hati-hati. Hal ini bisa saja membuat gerak pasar dan bursa rentan terkoreksi kembali. Karena itu, ia menyarankan agar emiten melakukan efisiensi di berbagai lini agar bisnis mereka tetap survive di tengah pasar yang volatile.  

Aktifnya diperdagangan juga mengindikasikan persepsi investor bahwa LPKR memiliki prospek positif. Meski memang sentimen tersebut masih bersifat jangka pendek. Proporsi recurring income LPKR yang besar, juga mendorong sentimen positif. Juga menjadi salah satu indikator perusahaan memiliki fundamental yang kuat.         

Analis OSO Sekuritas, Sukarno Alatas, menambahkan, LPKR yang memiliki bisnis di sektor kesehatan melalui Siloam Hospital, dalam jangka panjang secara kinerja bakal positif. Secara keseluruhan, bisnis LPKR memang fokus di bidang properti dan kesehatan. Bisnis di sektor itu memiliki animo yang masih cukup baik. Sektor kesehatan masih menarik karena merupakan segmen bisnis yang dibutuhkan masyarakat.         

Baca juga : Basarnas Punya 2 Kapal Baru, Ini Kelebihannya

“Di saat kondisi kesadaran kesehatan dan antisipasi masyarakat terhadap virus Corona meningkat seharusnya sektor kesehatan bisa diuntungkan. Maka, ada peluang kinerjanya bisa lebih baik,” kata Sukarno.         

Yang pasti, kesehatan emiten dengan proporsi recurring income yang besar menjadi kekuatan terbesar LPKR menghadapi ketidakpastian ekonomi, salah satunya akibat virus Corona. Dengan catatan, bisa memaksimalkan apa yang ditargetkan perusahaan dan bisa memanfaatkan dengan baik kondisi penurunan suku bunga dan insentif lain yang ada, dalam jangka panjang kinerja akan tetap positif. 

Data pembukuan LPKR menyebutkan, lebih dari 70 persen dari pendapatan Lippo Karawaci berasal dari recurring income alias pendapatan berulang, yang memberikan stabilitas di saat situasi pasar bergejolak. Divisi healthcare dan mall menjadi penopang pertumbuhan pendapatan yang kuat. Dalam jangka panjang, kinerja LPKR diprediksi terus meningkat di 2020 sebagai akibat dari dijalankannya strategi deleverage dan keberhasilan kepemimpinan manajemen. 

Baca juga : Sukur Sama Warga Bekasi Deklarasi Bumikan Pancasila

Tak hanya itu, LPKR juga dinilai lihai dalam membaca arah bisnis sekaligus mendapat dukungan dari berbagai mitra strategis. Dukungan konsumen properti atas berbagai inovasi perseroan juga mendukung kinerja positif perseroan. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.