Dark/Light Mode

Malam-malam, BKS Sidak ke Bandara Soekarno Hatta

Kamis, 12 Desember 2019 07:25 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (BKS), saat mengecek kesiapan pesawat Garuda Indonesia di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (11/12). (Foto: BKIP Kemenhub)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (BKS), saat mengecek kesiapan pesawat Garuda Indonesia di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (11/12). (Foto: BKIP Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Banten, Rabu (11/12) malam.

Menteri yang akrab disapa BKS itu tiba sekitar pukul 18.30 WIB, bersama Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Polana B. Pramesti.

Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin terlihat ikut menyambut kedatangan BKS.

Baca juga : Inilah Transformasi Digital di Bandara Soekarno-Hatta

BKS pun bergegas mengecek kesiapan sarana dan prasarana di Bandara Soekarno Hatta. Ia menelusuri tiap sudut area penumpang, mulai dari Terminal 1 sampai Terminal 3.

Setelahnya, BKS memeriksa kesiapan pesawat. Memeriksa roda pesawat, mesin, kursi penumpang hingga ke ruang kemudi atau cockpit. Juga kelaikan dan stok oksigen di kabin pesawat.

Pemeriksaan tersebut dilakukan terhadap berbagai maskapai, secara acak.

Baca juga : Mentan Sambangi BPS Sinergikan Data Pertanian

"Hasil ramp check sejauh ini tidak ada penemuan yang berarti. Baik sekali. Hal ini harus kita pastikan, karena industri aviasi sangat rentan. Dalam pengecekan ini, kita periksa khususnya kecepatan dan keseimbangan pesawat," jelas BKS.

Ia pun menginstruksikan kepada tiap maskapai untuk melakukan ramp check mandiri.

Tak hanya mengecek pesawat, BKS juga meminta pengelola bandara melakukan peningkatan pelayanan secara keseluruhan.

Baca juga : Pertama di Indonesia, Ini Fasilitas Pengisian Baterai Mobil Listrik di Bandara Soekarno-Hatta

"Pengelola bandara juga harus melakukan kegiatan keamanan transportasi dengan baik. Pengecekan bus, misalnya. Kita jangan sampai lalai. Bisa fatal. Karena itu, kami ingatkan untuk terus meningkatkan keselamatan, kenyamanan, dan keamanan," tandas BKS. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.