Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Selain Padat Karya Tunai, Pemerintah Sedang Siapkan Bantuan Khusus Bahan Pokok

Jumat, 10 April 2020 06:36 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Randi Tri Kurniawan/RM)
Presiden Jokowi (Foto: Randi Tri Kurniawan/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi memerintahkan seluruh jajarannya untuk saling bersinergi melakukan penanggulangan wabah corona secara bersama-sama. Terkait hal ini, pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 16,9 triliun untuk memperkuat program padat karya tunai.

"Program tersebut dilaksanakan di beberapa kementerian, seperti di Kementerian Pertanian, Kelautan, Desa, Perhubungan, dan PUPR. Anggaran yang kita siapkan kurang lebih Rp 10,2 triliun dengan target puluhan ribu pekerja," kata Presiden, Kamis (9/3), seperti keterangan dari Kementerian Pertanian (Kementan).

Baca juga : Ada Corona, Pemerintah Kaji Stimulus Kerek Investasi Migas

Selain padat karya tunai, Presiden juga menyampaikan bahwa dalam pekan ini pemerintah sedang menyiapkan kebijakan bantuan sosial lainya. Yakni khusus bahan pokok sembako untuk warga DKI Jakarta sebagai wilayah yang paling terdampak wabah Corona. "Bantuan ini dialokasikan untuk 2,6 juta jiwa atau 1,2 juta KK (kepala keluarga) dengan besaran Rp 600 ribu per bulan selama 3 bulan, anggaran yang dialokasikan totalnya mencapai Rp 2,2 triliun," katanya.

Menurut Kepala Negara, anggaran penanganan Covid-19 masih akan berlanjut dengan menyisir anggaran yang tersedia. Penyisiran dilakukan untuk menambah lebih besar lagi bantuan sosial serta memperluas peluang kerja bagi masyarakat di lapisan bawah. Karena itu, Presiden mengajak para pengusaha agar tidak memutus hubungan kerja karyawannya di tengah pandemi ini seraya mengajak semua pihak bekerja sama.

Baca juga : Selama PSBB, Polda Metro Jaya Tegaskan Tak Ada Penutupan Jalan

"Kita harus sadar bahwa tantangan yang kita hadapi tidak mudah, kita harus hadapi bersama-sama. Saya mengajak para pengsuaha untuk berusaha keras mempertahankan para pekerjanya dan saya mengajak semua pihak untuk peduli kepada masyarakat yang kurang mampu dengan bergotong-royong secara nasional, kita bisa mempertahankan capaian pembangunan dan memanfaatkannya untuk lompatan kemajuan," katanya.

Dalam rapat terbatas yang digelar pada Kamis, 2 April 2020. Presiden memastikan ketersediaan bahan pokok dalam kondisi aman. Dia menyebut, ketersediaan ini bahkan cukup sampai Bulan Puasa dan hari raya Idul Fitri 2020. "Saya sudah berkoordinasi dengan Menteri Pertanian untuk memastikan distribusi logisti lancar dan kebutuhan pokok tersedia dengan baik di pasar-pasar," tutupnya. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.