Dark/Light Mode

Pagi Ini Rupiah Lemes Lagi, Mudah-mudahan Sorenya Bangkit

Selasa, 21 April 2020 09:29 WIB
Pagi Ini Rupiah Lemes Lagi, Mudah-mudahan Sorenya Bangkit

RM.id  Rakyat Merdeka - Pagi ini, rupiah dibuka melemah 0,49 persen, di angka Rp 15.450 per dolar Amerika Serikat (AS). Diharapkan, pergerakan rupiah sepanjang hari ini masih bisa menguat, seperti Senin (20/4).

Kemarin, rupiah juga sempat dibuka melemah. Namun, pada saat ditutup, menguat 0,34 persen atau 52 poin di level Rp 15.413 per dolar AS dibanding hari sebelumnya, yang Rp mencapai Rp 15.465 per dolar AS.

Baca juga : Rupiah Menguat Lagi, Semoga Nggak Cepat Loyo

Sejak awal April, rupiah memang menunjukkan penguatan hingga 5,67 persen terhadap dolar AS.Kenyataan ini menjadi sentimen baik bagi pergerakan rupiah.

Hari ini, rupiah diperkirakan akan bergerak volatile alias masih naik turun. Salah satu sebabnya, adalah turunnya harga minyak dunia, yang bisa menjadi katalis positif sekaligus negatif bagi nilai tukar rupiah.

Baca juga : BI Pede Rupiah Terus Stabil Dan Menguat

Selain itu, Head of Economics Research Pefindo Fiki C Permana menilai, sentimen positif pergerakan rupiah  juga tak lepas dari keputusan lembaga pemeringkat global Standard and Poor's (S&P), yang menurunkan outlook menjadi negatif dengan tidak men-downgrade peringkat Indonesia.

"Penguatan rupiah juga masih dipengaruhi oleh adanya fenomena melandainya virus Covid-19 di berbagai negara, serta penanganan Covid-19 di Indonesia sendiri. Saat ini, investor banyak yang mengalihkan perhatiannya ke negara berkembang, termasuk Indonesia," jelas Fiki. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.