Dark/Light Mode

KPK Sita Sejumlah Uang dalam OTT Bupati Sidoarjo, Diumumkan Sore Nanti

Rabu, 8 Januari 2020 13:26 WIB
Ali Fikri (Foto: Tedy O Kroen/RM)
Ali Fikri (Foto: Tedy O Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Satgas KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/1). Salah satu pihak yang turut ditangkap merupakan Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah.

Plt Jubir KPK Bidang Penindakan, Ali Fikri, mengatakan, terdapat sejumlah uang yang diamankan dalam operasi senyap tersebut. "Ada. Masih dihitung penyelidik," ujar Ali Fikri, saat dikonfirmasi, Rabu (8/1).

Baca juga : OTT Bupati Sidoarjo Tepis Keraguan Publik Terhadap Firli Bahuri

Jumlah nominal yang diamankan itu akan diumumkan dalam konferensi pers sore nanti. "Nanti dikabari, Mas. Mudah-mudahan (konferensi pers) bisa sore," tuturnya. 

Saat ini, tim KPK masih melakukan pemeriksaan intensif terhadap pihak-pihak yang diamankan di Gedung KPK. Sebelumnya, Saiful Ilah Cs sudah menjalani pemeriksaan awal di Mapolda Jatim usai tertangkap tangan.

Baca juga : Bekuk Bupati Sidoarjo, OTT Perdana KPK Era Firli Cs

Saiful Ilah dan sejumlah pihak lain dibekuk lantaran diduga terlibat dalam transaksi ilegal. Transaksi itu berkaitan dengan pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemkab Sidoarjo.

OTT ini merupakan operasi senyap perdana yang dilakukan KPK di era Pimpinan KPK Jilid V yang dilantik Presiden Jokowi pada 20 Desember lalu. Tak hanya itu, OTT ini juga perdana sejak UU Nomor 19 tahun 2019 tentang Perubahan atas UU Nomor 30 tahun 2002 tentang KPK berlaku pada 17 Oktober 2019 silam. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.