Dark/Light Mode

Sisihkan THR dan Gaji, Bos dan Pegawai BI Turun Tangan Perangi Covid-19

Rabu, 29 April 2020 12:50 WIB
Gedung BI. (Foto: Kemenkeu)
Gedung BI. (Foto: Kemenkeu)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Dewan Gubernur hingga karyawan Bank Indonesia (BI) menyisihkan Tunjangan Hari Raya (THR) serta gajinya selama enam bulan dari Mei-Oktober, untuk membantu penanganan corona (Covid-19). Ini bagian dari Gerakan BI Peduli Covid-19. 

Gubernur BI, Perry Warjiyo mengatakan, kegiatan ini diikuti seluruh Anggota Dewan Gubernur dan pegawai kecuali pegawai level Staf ke bawah. Pengelolaan dan penyaluran dana dari penyisihan THR dan gaji pegawai ini seluruhnya akan dilaksanakan oleh Ikatan Pegawai BI (IPEBI). 

Baca juga : Bawaslu: Calon Jangan Manfaatkan Covid-19 untuk Berkampanye

Selain itu, gerakan tersebut juga termasuk penyaluran bantuan sosial BI dalam Program Dedikasi untuk Negeri dan pengumpulan donasi pegawai secara sukarela yang telah dilaksanakan sejak Maret 2020. Secara keseluruhan jumlah dana yang dikumpulkan akan mencapai Rp 101,4 miliar.

Dana tersebut akan disalurkan melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, rumah sakit, dan masyarakat. “Dana tersebut antara lain akan digunakan untuk membeli Alat Pelindung Diri (APD), masker, ventilator, pengukur suhu tubuh, vitamin, dan sembako,” rinci Perry dalam video conference Perkembangan Ekonomi Terkini di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Uni Emirat Arab Serahkan Bantuan Peralatan Medis untuk Tangani Covid–19

Selain itu, di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), BI bersama otoritas terkait dan industri komitmen menjaga kelancaran layanan sistem pembayaran dan transaksi keuangan. Guna menjaga kelangsungan pelaksanaan tugasnya, BI terus berkoordinasi dengan otoritas terkait, memperkuat pelaksanaan K3 (Keamanan, Kesehatan, dan Keselamatan Kerja) bagi pegawai BI dan mitra kerja, serta menerapkan mekanisme bekerja dari rumah (work from home) dan bekerja dari beberapa lokasi yang tersebar (split operation). [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.