Dark/Light Mode

Bikin Konsorsium Libatkan 13 Kampus dan 4 Lembaga

Kemenristek/BRIN All Out Tanggulangi Pandemi Covid-19

Kamis, 23 April 2020 13:31 WIB
Menristek/Kepala BRIN, Bambang PS Brodjonegoro (Foto: Istimewa)
Menristek/Kepala BRIN, Bambang PS Brodjonegoro (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Riset dan Teknologi/ Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek BRIN) all out alias tidak mau setengah-setengah di dalam mendukung penangulangan pandemi virus Corona (Covid-19).

Kementerian yang dipimpin Bambang Brodjonegoro itu mengoptimalkan seluruh fungsi dan kewenangannya untuk membantu mengatasi bencana nasional tersebut, mulai dari upaya pencegahan hingga pengembangan obatnya.

Baca juga : Pemerintah Dinilai Sudah Tanggap Hadapi Pandemi Covid-19

Untuk merealisasikan program tersebut, Kemenristek membentuk Konsorsium Covid-19. Konsorsium ini terdiri dari Lembaga Biologi Molekuler Eijkman. Serta lima Lembaga Pemerintah Non Kementerian yakni Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Penerapan Penelitian (BPPT), Badan Tenaga Nuklir Na sional (BATAN), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), dan Badan Informasi Geospasial.

Selain itu, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, peneliti Diaspora, Badan Pengawasan Obat dan Makanan, PT Biofarma, PT LEN, dan PT Indofarma.

Baca juga : Ekspor Sawit dan Kopi Asal Jatim Melonjak Tinggi di Tengah Pandemi Covid-19

Kemudian 13 kampus yang terdiri dari Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Udayana, Universitas Andalas, Universitas Su - matera Utara, Universitas Padjajaran, Universitas Brawijaya, Universitas Sebelas Maret, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Sam Ratulangi. Serta Rumah Sakit (RS) PTN, Syaeful Anwar, dan RS Wisma Atlet.

“Konsorsium ini dibentuk untuk membantu mencegah, mendeteksi, dan merespon secara cepat dalam penanggulangan penyakit Covid-19 melalui riset dan inovasi. Kami mengalokasikan anggaran untuk Konsorsium mencapai Rp 41, 24 miliar,” ungkap Menteri Riset dan Teknologi (Men￾ristek)/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.