Dark/Light Mode

Lawan Covid, Gojek Resmi Akuisisi Moka

Kamis, 30 April 2020 23:17 WIB
Gojek perkuat layanan aplikasi bersama Moka.
Gojek perkuat layanan aplikasi bersama Moka.

RM.id  Rakyat Merdeka - Gojek, hari ini Kamis (30/04) mengumumkan akuisisi terhadap Moka, perusahaan teknologi penyedia layanan aplikasi sistem kasir digital di Indonesia. 

Keduanya menggabungkan layanan untuk memberikan solusi yang terintegrasi bagi mitra usaha, terdiri dari pembayaran, pengantaran makanan, dan sistem Point Of Sale (POS).

Moka, akan terus beroperasi sebagai merek sendiri. Layanannya telah dipercaya oleh 40.000 pebisnis di 200 kota di Indonesia dalam memberikan solusi yang terdiri dari perangkat POS, sistem pembayaran, pembukuan, hingga pengadaan bahan baku, dan peminjaman modal usaha.

Baca juga : Gojek Akuisisi Moka

Sementara Gojek, lewat layanan GoBiz, merupakan super app andalan para pemilik usaha dan digunakan oleh jaringan kuat lebih dari 500,000 mitra merchant di Indonesia, di mana 96% dari angka tersebut, adalah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo mengatakan, selama ini, pelaku usaha masih harus melakukan beberapa tindakan operasional secara terpisah pada aplikasi yang berbeda. Misalnya, mereka harus memproses pesanan offline menggunakan sistem POS dari Moka dan menerima pesanan GoFood melalui GoBiz. 

Melalui akuisisi ini, kata Andre, kedua perusahaan bisa menggabungkan layanan tersebut, untuk membantu lebih banyak usaha kecil melakukan migrasi ke sistem online dan memperkecil jarak antara platform offline dan online. 

Baca juga : Golkar Bali Tunda Survei Cakada

Akuisisi ini juga akan mempercepat pertumbuhan jaringan pelaku usaha Moka dengan menyediakan akses terhadap ratusan juta pengguna Gojek di seluruh Indonesia.

“Kita melihat bahwa bisnis-bisnis online memiliki ketahanan yang lebih baik dibandingkan bisnis offline yang sangat tergantung kepada kedatangan fisik konsumen. Kami selalu berupaya untuk membantu lebih banyak bisnis offline menuju bisnis online untuk ikut mengembangkan ekonomi digital dan bekerja dengan Moka dan jaringan pelaku usahanya akan membantu kami untuk mempercepat terwujudnya misi ini," ujar Co-CEO Gojek dalam keterangan tertulisnya, Kamis (30/04).

"Kami selalu senang bekerja dengan Haryanto, Grady, dan seluruh tim Moka karena dedikasi terhadap misinya sejalan dengan nilai-nilai Gojek. Sekarang saatnya kami mengambil satu langkah lebih maju untuk bekerja dengan segenap tim Moka untuk menyediakan solusi dari hulu ke hilir yang memberikan kesempatan untuk lebih banyak bisnis untuk migrasi online, meningkatkan kinerja operasional dan pertumbuhan, sekaligus meningkatkan pengalaman konsumen," lanjut Andre.

Baca juga : Lawan Covid-19, AS Sawer Indonesia Rp 46 Miliar

Moka akan terus beroperasi sebagai entitas mandiri yang terintegrasi dengan ekosistem merchant Gojek. Ekosistem tersebut, terdiri dari GoBiz, super app andalan untuk para merchant dari Gojek yang menaungi GoFood, GoPay, dan layanan-layanan lainnya seperti Midtrans, penyedia layanan pembayaran online terbesar di Indonesia dan Spots, penyedia layanan pembayaran offline dan sistem POS.

"Berbagai layanan Gojek akan memudahkan para mitra pelaku usahanya untuk menjalankan bisnis dengan sukses, baik secara online maupun offline di tengah pandemi. Hal ini juga memungkinkan mereka untuk pulih dan makin kuat setelah krisis ini berlalu," kata Haryanto Tanjo, CEO Moka. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.