Dark/Light Mode

Gojek Akuisisi Moka

Kamis, 30 April 2020 14:44 WIB
Ilustrasi Gojek. (Foto: net)
Ilustrasi Gojek. (Foto: net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gojek hari ini mengumumkan akuisisi terhadap Moka, perusahaan teknologi penyedia layanan aplikasi sistem kasir digital di Indonesia. 

Aksi korporasi ini membuat Gojek dan Moka menggabungkan layanan terintegrasi bagi mitra usaha (merchant). Layanan tersebut terdiri dari pembayaran, pengantaran makanan, dan sistem Point Of Sale (POS).

Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo mengatakan, selama ini, pelaku usaha masih harus melakukan beberapa tindakan operasional secara terpisah pada aplikasi yang berbeda. Misalnya, mereka harus memproses pesanan offline menggunakan sistem POS dari Moka dan menerima pesanan GoFood melalui GoBiz. 

Baca juga : Krisis Komando

“Melalui akuisisi ini, kedua perusahaan bisa menggabungkan layanan tersebut agar semakin memungkinkan mereka untuk membantu lebih banyak usaha kecil melakukan migrasi ke sistem online dan memperkecil jarak antara platform offline dan online,” ujarnya, Kamis (30/4).

“Akuisisi ini juga akan mempercepat pertumbuhan jaringan pelaku usaha Moka dengan menyediakan akses terhadap ratusan juta pengguna Gojek di seluruh Indonesia,” tambahnya.

Di kondisi terdampak corona seperti saat ini kian terasa. Bisnis-bisnis online memiliki ketahanan yang lebih baik dibandingkan bisnis offline yang sangat tergantung kepada kedatangan fisik konsumen. “Kami berupaya membantu lebih banyak bisnis offline menuju bisnis online untuk ikut mengembangkan ekonomi digital dan bekerja dengan Moka dan jaringan pelaku usahanya akan membantu kami untuk mempercepat terwujudnya misi ini,” ujarnya. 

Baca juga : Gagal Nonton Konser Musisi Mancanegara

Menurut dia, usaha kecil adalah tulang punggung dari perekonomian lokal. Dan, Gojek berkomitmen untuk membantu mereka lebih siap dalam menghadapi persaingan di masa depan dan meningkatkan kesempatan mereka untuk tumbuh.

“Sekarang adalah saatnya kami mengambil satu langkah lebih maju untuk bekerja dengan segenap tim Moka untuk menyediakan solusi dari hulu ke hilir,” lanjut Andre.

CEO dan Co-Founder Moka, Haryanto Tanjo mengaku, bersemangat menjadi bagian dari ekosistem Gojek dan mengakselerasi misinya membantu usaha kecil untuk terus tumbuh. Gojek adalah aplikasi konsumen terbesar di Indonesia dan integrasi ini akan membuka akses jaringan para pelaku usaha kepada ratusan juta pengguna platform Gojek dan mendapatkan transaksi langsung dari layanan seperti GoFood.

Baca juga : Godaan Korupsi Politisi Muda

“Berbagai layanan Gojek yang memberi solusi untuk pelaku usaha akan memudahkan para mitra pelaku usaha kami untuk menjalankan bisnis dengan sukses, baik secara online maupun offline,” ujarnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :