Dark/Light Mode

Rumah Sakit Khusus Corona Di Bali Resmi Dioperasikan

Selasa, 7 April 2020 21:12 WIB
Rumah Sakit Khusus Corona Di Bali Resmi Dioperasikan

RM.id  Rakyat Merdeka - Masing masing daerah mulai menyediakan rumah sakit khusus penanganan covid-19 di tengah pandemi corona.

Seperti di Bali. Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri Universitas Udayana di Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali, resmi dioperasikan menjadi rumah sakit khusus penanganan Covid-19 di Bali.

"Dengan dioperasikan rumah sakit khusus ini, pasien umum dan pasien BPJS Kesehatan, pelayanan di Poliklinik ditiadakan sementara," kata Direktur RS Unud, Dewa Putu Gede Purwa Samatra di Badung, Selasa, (7/04).

Saat ini, ada 12 ruangan isolasi di RS Universitas Udayana siap digunakan untuk merawat pasien. 

Baca juga : Perangi Corona Di Bali, Pelindo lll Bangun Posko Dan Sanitasi

Ia menargetkan, minggu depan ada tambahan lagi sebanyak 25 ruangan isolasi. Sehingga total menjadi 37 ruangan.

"Kami terus melakukan persiapan agar pasien wabah corona bisa diatasi. Apalagi kita belum mengetahui bagaimana eskalasi pasien kedepannya. Mudah-mudahan dengan asumsi seperti sekarang ruang isolasi cukup," katanya.

Untuk penanganan pasien, Ia telah menyiapkan sebanyak 35 orang dokter spesialis, serta sekitar 80 orang perawat. 

Selain itu, pihaknya juga mendapatkan bantuan tenaga tambahan 23 orang perawat dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali.

Baca juga : Dampak Covid-19, Wimbledon Resmi Dibatalkan

"Perawat bantuan dari Dinas Kesehatan Provinsi berjumlah 23 orang. Mereka mulai bertugas besok. Hari ini mereka mulai masuk penginapan yang disediakan di kawasan Kuta," terang Samatra.

Kemudian, pihaknya juga telah menyiapkan Posko Covid-19 rumah sakit yang terletak di Gedung 1 Rumah Sakit Universitas Udayana.

Untuk pasien yang memiliki gejala mirip corona atau baru pulang dari daerah terpapar corona, baik dalam negeri maupun luar negeri, atau orang yang pernah kontak dekat dengan pasien positif dapat memeriksakan diri ke posko tersebut.

Nantinya, orang tersebut melakukan registrasi dahulu di lobi depan yang masuk area zona kuning. Kemudian dilakukan pemeriksaan awal oleh dokter jaga yang bertugas.

Baca juga : Romo Benny Ajak Galang Dana Corona Di Medsos

"Jika mereka perlu rawat inap kami akan bawa ke ruang isolasi di Gedung 3. Seandainya mereka perlu dilakukan swab akan dilakukan swab. Jika perlu rapid test sudah siap juga. Apabila hasilnya positif mereka langsung diisolasi di ruang isolasi yang telah disiapkan," ujarnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.