Dark/Light Mode

Ketar Ketir Covid-19 di Papua

Freeport Tetap Operasi Di Tengah Pandemi Corona

Senin, 4 Mei 2020 12:13 WIB
Diskusi dilakukan berjarak oleh karyawan 
tambang bawah tanah. (Foto: PTFI)
Diskusi dilakukan berjarak oleh karyawan tambang bawah tanah. (Foto: PTFI)

 Sebelumnya 
Banyak upaya yang dikerjakan dengan Gugus Tugas Covid-19. Pertama, menerapkan larangan masuk dan pembatasan perjalanan ke luar negeri, termasuk melarang masuk dan bepergian kepada karyawan. Utamanya, dari dan ke negara-negara berisiko tinggi.

Kedua, melakukan pemeriksaan suhu tubuh secara rutin bagi setiap karyawan, yang tiba di bandara dan terminal bus. Serta, tiap kali memasuki area kerja, karyawan yang terdeteksi dengan suhu tubuh di atas 38 derajat Celcius tidak diperkenankan bekerja. Harus langsung memeriksakan diri ke tim medis.

Ketiga, memaksimalkan pembatasan interaksi fisik. Caranya, dengan menutup sejumlah fasilitas, seperti sekolah, tempat ibadah, dan restoran/ kafetaria di seluruh area kerja.

Baca juga : Putri Wapres Tetap Temui Warga Tangsel, Kandidat Lainnya Tiarap

Fasilitas umum yang tetap dibuka, antara lain kantin karyawan dan pasar swalayan. Itu pun menerapkan garis untuk mengatur jarak antrean.

Pembatasan jarak juga diterapkan dalam trem dan bus karyawan yang beroperasi di dalam area kerja.

Keempat, menggiatkan standar kebersihan. Caranya, dengan penyemprotan disinfektan di seluruh kantor dan area kerja, serta secara aktif merilis berbagai konten edukasi bagi karyawan.

Baca juga : Penghematan, Kunci Bandara Angkasa Pura II Tetap Beroperasi Optimal di Tengah Pandemi Covid-19

Kelima, menutup seluruh akses memasuki Tembagapura, sejak 26 Maret 2020. Namun, seluruh kegiatan operasional pengangkutan logistik tetap berjalan seperti biasa, agar kebutuhan bahan-bahan pokok terpenuhi.

Keenam, menggelar Rapid Test dan menyiapkan prosedur penanganan dan akomodasi pengamatan kesehatan. Ini dilakukan sebagai prosedur skrining dan deteksi awal terhadap risiko penularan Covid-19.

Selain Rapid Test, Freeport juga melakukan contact tracing agar cakupan populasi lebih luas di area perusahaan.

Baca juga : ASPPHAMI Semprot Disinfektan Di Banyak Rumah Ibadah

Bersamaan dengan itu, Freeport juga menyediakan fasilitas, tenaga, dan prosedur medis untuk antisipasi. Freeport juga menyediakan akomodasi khusus bagi karyawan yang menunjukkan gejala penyakit atau membutuhkan pemeriksaan, di seluruh area kerja, yakni di Tembagapura dan Kuala Kencana Timika.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.