Dark/Light Mode

Pantang Menyerah, Beginilah Cara UKM Binaan Pertamina Bertahan di Tengah Pandemi Corona

Minggu, 10 Mei 2020 12:47 WIB
Pantang Menyerah, Beginilah Cara UKM Binaan Pertamina Bertahan di Tengah Pandemi Corona

RM.id  Rakyat Merdeka - Puluhan wastafel portabel berjajar di Jalan Margasatwa, Kec Cilandak, Jakarta Selatan. Tepat di depan sebuah bengkel las Kurnia Jaya.

Beberapa pegawai terlihat sibuk. Ada yang mengelas, mengamplas, mengecat, atau menempelkan stiker pada toren air berkapasitas 300 liter.

Baca juga : BPIP Setuju Seruan Jokowi Berdamai Dengan Corona

Toren ini menjadi tempat penampung air pada wastafel portabel, di pinggir jalan tersebut. Di antara mereka, tampak Yaya Nurcahya (40 tahun), pemilik bengkel las Kurnia Jaya.

Pada masa awal pandemik Covid-19 di Tanah Air, bengkel las ini nyaris gulung tikar. "Waktu itu, usaha sepi. Kalaupun ada, satu dua order saja untuk las yang sifatnya perbaikan," ujar Yaya, pria asal Ciamis.

Baca juga : Mbak Rerie Minta Pemerintah Belajar dari Vietnam Tangani Covid-19

Usaha las yang dikerjakannya, biasa mengerjakan pengelasan teralis, pagar canopi dan lain-lain.

Pertengahan Maret lalu, empat orang karyawan sempat dimintanya untuk 'pulang kampung'. Namun mereka memilih tetap tinggal di bengkel.

Baca juga : PGN Kejar Target Pembangunan Jargas ESDM Di Tengah Pandemi Covid-19

"Ke kampung juga bingung, mau ngapain nggak ada kerjaan. Saya bilang ke Pak Yaya, supaya tetap disini aja. Walau tidak digaji, yang penting bisa numpang tidur dan makan" kata Marulloh (60 tahun), salah satu pegawai Yaya, yang biasa disapa Toni.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.