Dark/Light Mode

Pantang Menyerah, Beginilah Cara UKM Binaan Pertamina Bertahan di Tengah Pandemi Corona

Minggu, 10 Mei 2020 12:47 WIB
Pantang Menyerah, Beginilah Cara UKM Binaan Pertamina Bertahan di Tengah Pandemi Corona

 Sebelumnya 
Yaya hanya bisa pasrah. Hingga suatu saat, ada pemesanan wastafel portabel. Hanya bermodal contoh gambar dan tenggat waktu selama 3 hari, Yaya langsung menyanggupi.

"Tanpa pikir panjang, saya langsung bikin desain dan hitungan bahan sesuai gambar. Meski belum pernah membuat wastafel portabel, saya upayakan jadi secepatnya,"katanya.

Ternyata, pesanan tersebut merupakan bantuan untuk kegiatan Pertamina Peduli Covid-19. Awalnya, pesanan berjumlah 6 wastafel portabel untuk Puskesmas di wilayah Jakarta. Kemudian, Pertamina melakukan pemesanan kedua sebanyak 14 unit.

Baca juga : BPIP Setuju Seruan Jokowi Berdamai Dengan Corona

"Alhamdulillah, dalam kondisi seperti ini, saya masih bisa bekerja. Saya bersyukur sekali, rezeki ini tak hanya membantu saya. Tetapi juga membantu pegawai bengkel las kakak dan adik saya yang sempat tutup. Sekarang, mereka juga ikut membantu di sini," ungkap Yaya.

Geliat bisnis Yaya juga berimbas pada para sopir mobil bak terbuka, yang biasa mangkal di bawah Jembatan Tol Antasari-Depok.

Minimal seminggu dua kali, kendaraan tersebut disewanya untuk mengantar wastafel ke lokasi tujuan di Jakarta. Bahkan hingga keluar kota seperti Bandung, Cikampek, Bogor, Cilegon, dan lainnya.

Baca juga : Mbak Rerie Minta Pemerintah Belajar dari Vietnam Tangani Covid-19

Yaya mengakui, bertambahnya pesanan tentu menuntut tambahan modal. Beruntung, tak hanya pesanan, Pertamina juga menawarkan program kemitraan, yakni program untuk wiraswasta menjadi mitra binaan Perusahaan.

Melalui skema Mitra Binaan, Bengkel Las Kurnia Jaya bisa mendapat pinjaman modal Rp 50 juta, yang kemudian digunakan untuk membeli bahan dan perlengkapan membuat wastafel. 

"Dengan menjadi mitra binaan, saya mendapat prioritas untuk membantu Pertamina Group menyediakan wastafel portabel, atau kebutuhan lain sesuai bidang usaha saya," jelasnya optimistis.

Baca juga : PGN Kejar Target Pembangunan Jargas ESDM Di Tengah Pandemi Covid-19

Hingga saat ini, sudah 60 wastafel portabel yang dipesan Pertamina di Bengkel Las Kurnia Jaya, dengan harga sekitar Rp 3,2 juta per unit.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.