Dark/Light Mode

Pantang Menyerah, Beginilah Cara UKM Binaan Pertamina Bertahan di Tengah Pandemi Corona

Minggu, 10 Mei 2020 12:47 WIB
Pantang Menyerah, Beginilah Cara UKM Binaan Pertamina Bertahan di Tengah Pandemi Corona

 Sebelumnya 
Yaya hanyalah salah satu kisah pengusaha mikro, yang bisa bertahan di tengah pandemik Covid-19. Selain dia, masih banyak UMKM binaan Pertamina yang mampu bangkit dan tidak menyerah dengan kondisi.

Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina Marketing Operation Region III, Dewi Sri Utami menuturkan, UMKM binaan Pertamina juga ada yang banting setir menjadi pengusaha masker non medis.

Baca juga : BPIP Setuju Seruan Jokowi Berdamai Dengan Corona

"Awalnya mereka kurang percaya diri, namun setelah mencoba akhirnya bisa. Saat pemerintah mewajibkan seluruh warga yang sehat mengenakan masker non medis, Pertamina pun dapat mendonasikan masker produksi Mitra Binaan. Selain itu,  masker tersebut juga dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan masker di internal Pertamina, ataupun sebagai gimmick untuk kebutuhan promosi produk Pertamina," jelas Dewi.

Beragam hasil produksi Mitra Binaan Pertamina dimanfaatkan untuk mengatasi pandemik Covid-19. Selain masker, juga ada  wastafel portabel, alat pelindung diri (APD) untuk kebutuhan media, serta usaha minuman rempah jahe, sembako, dan produsen tas goodie bag.

Baca juga : Mbak Rerie Minta Pemerintah Belajar dari Vietnam Tangani Covid-19

Bahkan pada bulan Ramadhan ini, para perajin sarung dan jilbab, juga mendapatkan rezeki untuk mengisi paket-paket santunan Ramadhan.

"Masa sulit ini menjadi saat yang tepat bagi kita, untuk menggalang ekonomi masyarakat melalui UMKM binaan dalam mendukung kegiatan Bina Lingkungan Perusahaan," ujar Dewi. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.