Dark/Light Mode

PKL Menjamur, Warga Padati Pasar Tanah Abang Saat Pandemi

Minggu, 17 Mei 2020 22:51 WIB
ilustrasi padatnya warga di Pasar Tanah Abang.
ilustrasi padatnya warga di Pasar Tanah Abang.

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang lebaran, masyarakat terlihat memadati lapak Pedagang Kali Lima (PKL) di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat pada, Minggu (17/05). 

Suasana kawasan Pasar Tanah Abang padat di tengah pandemi. Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Bebas (PSBB) DKI Jakarta masih diabaikan masyarakat.

Dalam pantauan CNNIndonesia,  Lapak PKL yang digelar di Jalan Jatibaru II, sekitar pukul 12.00 WIB terlihat pengunjung sibuk melihat barang dagangannya.  Kebanyakan model pakaian.

Baca juga : UMKM Mesti Inovatif Tangkap Peluang Digitalisasi Saat Pandemi

Bahkan, beberapa dari pengunjung mendatangi lokasi ini sambil membawa anak yang masih berusia di bawah lima tahun, atau balita.

Kondisi di Pasar Tanah Abang saat ini menunjukkan masyarakat tak mempedulikan imbauan pemerintah soal social distancing atau physical distancing.

Masyarakat berdesakan saat berjalan di sekitar lapak PKL yang digelar di dalam gang-gang sempit. Bahkan, para pengunjung tak jarang saling bertabrakan bahu atau badan.

Baca juga : Pentingnya Menjaga Kulit Sehat Dan Lembab Selama Pandemi Covid-19

Aktivitas PKL di Pasar Tanah Abang sebenarnya sudah mulai terpantau berjalan pada, Senin (11/5) lalu.

Mereka yang menggelar lapak di saat pemberlakuan kebijakan PSBB Jakarta, terlihat mulai dari bawah Jembatan Penyeberangan Multiguna Tanah Abang hingga depan Pasar Tanah Abang Blok G, tepatnya berada di bawah Jembatan Central Tanah Abang.

Selain pedagang pakaian, sejumlah profesi lainnya juga terlihat, mulai beraktivitas di Pasar Tanah Abang, seperti pedagang makanan dan minuman hingga juru parkir.

Baca juga : Jascloud Makin Dicari Pelaku Bisnis Di Tengah Pandemi

Kuli panggul juga terlihat mulai bekerja memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lainnya. Meski demikian, jumlah pengunjung yang berbelanja di area ini tidak terlalu banyak. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.