Dark/Light Mode

Mulai Hari Ini, Tiket MRT Jakarta Bisa Dibeli Melalui Aplikasi di HP

Senin, 27 April 2020 10:34 WIB
Ilustrasi MRT Jakarta selama PSBB berlaku. (Foto: Tedy O.Kroen/RM)
Ilustrasi MRT Jakarta selama PSBB berlaku. (Foto: Tedy O.Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT MRT Jakarta (Perseroda) telah menyiapkan aplikasi pembelian tiket, yaitu MRT-J. Masyarakat dapat mengunduhnya melalui aplikasi Google Play atau Apple Store di ponsel mulai Senin (27/4) dan langsung dapat digunakan di setiap stasiun yang beroperasi, yaitu Lebak Bulus Grab, Fatmawati, Cipete Raya, Blok M BCA, Dukuh Atas BNI, dan Bundaran HI.

Dengan aplikasi ini, pengguna jasa dapat melakukan pembelian tiket sebelum tiba di stasiun dan memindai kode QR di pintu penumpang (passenger gate) lalu masuk ke area berbayar beranda peron (paid concourse).

Baca juga : Maaf, Mulai Hari Ini Pelni Tak Jual Tiket Penyeberangan Dulu

Berikut langkah-langkah pembelian tiket melalui aplikasi. “Aplikasi ini merupakan inisiatif kami mengikuti tren penggunaan aplikasi sebagai alat pembayaran transaksi di masyarakat.

Meski demikian, pengguna jasa MRT Jakarta tetap dapat menggunakan kartu jelajah berganda dan uang elektronik seperti yang sudah dilakukan selama ini,” ungkap Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar.

Baca juga : Wulan Guritno Rayakan Ultah Lewat Aplikasi Video

“Fasilitas pemindai kode QR di passenger gate ini juga merupakan salah satu langkah kami mengurangi interaksi fisik dengan mendukung penerapan physical distancing sehingga calon penumpang MRT Jakarta akan terhindar dari paparan virus Covid-19,” tambah William.

PT MRT Jakarta (Perseroda) berharap dengan adanya teknologi penggunaan aplikasi sebagai alat pembayaran perjalanan MRT Jakarta dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat yang harus bekerja di luar rumah, seperti petugas medis, pekerja yang bertugas menyediakan atau menyalurkan kebutuhan pokok dan pekerja sektor lain yang masih diperbolehkan sebagaimana regulasi yang berlaku, di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ini.

Baca juga : Mulai Hari Ini, Polda Metro Jaya Wajibkan Pelanggar PSBB Isi Blanko Pernyataan

Dengan alat pembayaran baru ini, juga dapat meminimalisir para penumpang berinteraksi dengan petugas dan membeli tiket di mesin pembayaran.

PT MRT Jakarta (Perseroda) senantiasa mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama cegah penyebaran virus corona Covid-19 terus menjaga kesehatan, kebersihan diri (personal hygiene), dan membatasi bepergian hanya untuk kebutuhan mendesak, serta menggunakan masker pada saat berpergian. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.