Dark/Light Mode

Menteri Erick Apresiasi TelkomGroup Libatkan UMKM Salurkan Paket Bantuan

Kamis, 21 Mei 2020 11:10 WIB
Menteri BUMN Erick Tohir menyerahkan bantuan sembako dari TelkomGroup. (Foto: ist)
Menteri BUMN Erick Tohir menyerahkan bantuan sembako dari TelkomGroup. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian BUMN mengapresiasi pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) binaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. yang tetap berkreativitas di tengah pandemi Covid-19.

Hal ini diungkapkan Menteri BUMN Erick Thohir saat menyerahkan paket bantuan secara simbolis kepada perwakilan masyarakat yang dilakukan serentak di tujuh lokasi kantor Telkom Regional yakni di Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Balikpapan dan Makassar. 

Di mana tak kurang dari 1.300 UMKM mitra binaan Telkom menyiapkan bantuan sebanyak 100.000 paket berupa sembako, Ta’jil buka puasa dan bingkisan lebaran untuk masyarakat terdampak Covid-19. Erick menilai, keterlibatan para pelaku UMKM ini tidak hanya membantu, tetapi turut menggairahkan para pelaku UMKM yang juga terdampak Covid-19 karena umumnya mengalami penurunan omzet.

Baca juga : Pasca Restrukturisasi Kredit, Beban UMKM Ke Depan Makin Berat

“Saya apresiasi Telkom yang bekerja keras tiada henti untuk melaksanakan tugas, tidak hanya mencari uang, tapi juga menjalankan tugas negara sebagai ujung tombak pergerakan ekonomi nasional dan membantu rakyat Indonesia,” katanya, di Jakarta seperti ditulis Kamis (21/5).

Menurutnya, apa yang dilakukan Telkom sejalan dengan program pemerintah agar UKM bisa terus jalan dan tetap optimis menghadapi situasi pandemi saat ini. “Jangan berhenti berkreativitas. Saat ini, kita harus berdikari. Ini bukanlah masa krisis tapi masa introspeksi bagi kita untuk menjadi bangsa besar,” tuturnya.

Acara yang digelar secara virtual ini, Erick juga didampingi Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah berinteraksi dengan perwakilan UMKM yang turut hadir. Seperti saat meninjau lokasi pelaksanaan rapid test yang diselenggarakan gratis bagi masyarakat, menyaksikan demo Autonomous UVC Mobile Robot (AUMR) atau dikenal dengan Robot Disinfektan hasil karya Telkom University. 

Baca juga : KPK Minta Pemerintah Tinjau Kembali Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

Ririek menegaskan, seluruhan kegiatan dan peninjauan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku, seperti penggunaan masker, face shield dan physical distancing.

Diakui Ririek, penyelenggaraan program bantuan sosial bertajuk TelkomGroup Siaga, Satukan Hati Raih yang Fitri kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Ia menuturkan, kegiatan tahun ini memiliki arti tersendiri karena semuanya tengah menghadapi pandemi Covid-19 dan tak sedikit masyarakat yang terkena dampak pandemi, baik ekonomi maupun sosial

"Bantuan yang disalurkan termasuk donasi dari gaji dan THR Karyawan TelkomGroup, secara keseluruhan mencapai Rp 40,7 miliar dan disalurkan ke tujuh area Telkom Regional," katanya.

Baca juga : MPR Minta Pemerintah Antisipasi Kepulangan Ribuan Pekerja Migran

Ia menuturkan, bantuan ditujukan bagi masyarakat dari berbagai profesi, lokasi dan latar belakang. Misalnya, paket sembako diberikan kepada masyarakat yang ada di area red-zone. Sementara paket buka puasa diberikan kepada pekerja informal seperti petugas kesehatan, buruh cuci, juru parkir, petugas sampah, supir taksi dan pengemudi ojek online. 

Serta, bingkisan lebaran untuk santri dan anak yatim piatu juga para relawan dan tenaga medis. "Untuk rapid test gratis bagi masyarakat yang masih harus bekerja dan beraktivitas di luar rumah. Semoga, semua ini bermanfaat dan menambah optimisme masyarakat dalam menghadapi pandemi," tutupnya. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.