Dark/Light Mode

Pelindo III Gelar Rapid Tes Gratis Untuk Warga di Banyuwangi

Selasa, 2 Juni 2020 18:58 WIB
Pelindo III gelar rapid tes di Pelabuhan Tanjung Wangi dan Pelabuhan Penyeberangan Ketapang Banyuwangi.
Pelindo III gelar rapid tes di Pelabuhan Tanjung Wangi dan Pelabuhan Penyeberangan Ketapang Banyuwangi.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III (Persero) menggelar 50 ribu rapid test gratis bagi warga pesisir, pelabuhan hingga pondok pesantren di Provinsi Jawa Timur.

Kali ini, calon penumpang di Pelabuhan Tanjung Wangi dan Pelabuhan Penyeberangan Ketapang Banyuwangi. Mereka mendapatkan fasilitas rapid test Covid-19 gratis dari Pelindo III.

Sebanyak 3 ribu alat rapid test disiapkan untuk melayani proses rapid test para calon penumpang sesaat sebelum mereka menyeberang menuju Pulau Bali dan Pulau Sapeken Madura.

Baca juga : Ngenes Lihat Warga Berbelanja

Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III, Toto Heli Yanto mengatakan, rapid test gratis ini bertujuan mendukung program pemerintah memetakan dan memutus penyebaran Covid-19 sekaligus membantu masyarakat maritim melakukan pendeteksian dini kesehatan mereka di tengah pandemi.

"Kami ingin memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh masyarakat untuk mendapat fasilitas deteksi dini Covid-19 tersebut. Deteksi dini sangat bermanfaat dalam pemetaan penyebaran Covid-19 di Indonesia," ujarnya dalam keterangan resminya, Selasa (2/06).

Menurutnya, Pelindo lll melakukan sistem jemput bola dalam pelaksanaan bantuan rapid test gratis ini. 

Baca juga : Mendagri: Kantor Dukcapil Harus Bebas Praktik Calon dan Pungli

"Kami ingin memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh masyarakat untuk mendapat fasilitas deteksi dini Covid-19 tersebut. Deteksi dini sangat bermanfaat dalam pemetaan penyebaran Covid-19 di Indonesia," jelasnya.

Mohammad Sodik, salah satu calon penumpang kapal tujuan Bali yang mengikuti rapid test Covid-19 gratis mengaku, senang mendapatkan fasilitas rapid test gratis dari Pelindo III.

"Bantuan dari Pelindo lll ini sangat bermanfaat buat kami, khususnya calon penumpang. Karena saat ini, ada syarat harus menyertakan bukti bebas Covid-19 sebelum berpergian. Jadi kegiatan ini memudahkan kami para calon penumpang," ucapnya.

Baca juga : Jumlah Pasien Covid-19 Di Jatim Tinggi, Pelindo lll Gelar Rapid Test Gratis

Rencananya, pelaksanaan rapid tes gratis di pelabuhan penyeberangan Ketapang Banyuwangi akan di gelar hingga tanggal 4 Juni mendatang. 

Di sisi lain Pelindo lll terus berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 dan Pemerintah Daerah setempat membahas teknis pelaksaan bantuan 50 ribu rapid test massal gratis tersebut. 

Pelindo 3 juga terus memperkuat teknis penanganan Covid-19 melalui RS Pelindo 3 yaitu RS PHC Surabaya dengan membangun Laboratorium PCR (Polymerase Chain Reaction) dan menambah fasilitas ruang isolasi dari 17 ruang menjadi 200 ruang isolasi untuk penanganan pasien Covid-19. [KPJ]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.