Dark/Light Mode

Pelindo lll Gelar Rapid Test Gratis Di Pulau Madura

Jumat, 5 Juni 2020 20:14 WIB
Rapid test gratis Pelindo III. (Foto: ist)
Rapid test gratis Pelindo III. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelindo III terus mengelar rapid test Covid-19 gratis di wilayah Jawa Timur. Kali ini, giliran masyarakat pesisir dan calon penumpang kapal di ujung Pulau Madura yang mendapatkan bantuan tersebut.

Para warga yang berada di sekitar Pelabuhan Kalianget Sumenep dan para calon penumpang tampak antusias mengikuti rapid test tersebut. Dengan memberlakukan protokol kesehatan Covid-19 ketat dan dibantu oleh petugas keamanan dari TNI/Polri, tim medis dari KKP setempat dan Gugus Tugas Covid-19 Pemerintah Daerah Sumenep melayani rapid test calon penumpang di Pelabuhan Kalianget Sumenep Madura.

Baca juga : Trump Dilawan Menhan

Sebanyak 3.500 alat rapid test gratis pun disiapkan oleh Pelindo III untuk melayani proses rapid test para calon penumpang sesaat sebelum mereka berpergian ke Pelabuhan Jangkar Situbondo.

Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo lll Toto Heliyanto mengatakan, pelaksanaan rapid test gratis yang diselenggarakan Pelindo lll kini difokuskan pada wilayah-wilayah luar yang memiliki akses cukup jauh dengan fasilitas kesehatan terutama rujukan Covid-19.

Baca juga : Nurhadi Tak Sesakti Masiku

Toto berharap, langkah ini memperkuat upaya pemerintah menekan penyebaran pandemi tersebut. "Apalagi, Pelabuhan Kalianget merupakan salah satu pintu masuk di Madura," katanya dalam keterangan resminya, Jumat (5/6).

Bupati Sumenep Abuya Busyro Karim menyampaikan apresiasinya kepada Pelindo lll atas rapid test gratis tersebut. Program rapid test Covid-19 gratis ini sangat bermanfaat membantu mendeteksi serta memetakan penularan corona di wilayahnya serta mematangkan persiapan pemerintah daerah untuk mulai melakukan pola New Normal pascapandemi.

Baca juga : Pelindo III Gelar Rapid Tes Gratis Untuk Warga di Banyuwangi

“Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pelindo III yang sudah memberikan fasilitas rapid test gratis kepada para penumpang kapal dari dan menuju Kabupaten Sumenep. Tentunya ini akan sangat bermanfaat untuk kami,” ujarnya.

Rencananya pelaksanaan rapid test gratis di Pelabuhan Kalianget akan digelar tiga hari mulai 3-5 Juni. Di sisi lain Pelindo III terus berkoordinasi dengan gugus tugas dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur membahas teknis pelaksaan bantuan 50 ribu rapid test massal gratis tersebut. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.