Dark/Light Mode

Buntut Ditemukannya Kalajengking Di Bagasi Kabin

Cegah Potensi Lain, Lion Air JT-293 Masih Terus Ditangani

Jumat, 15 Februari 2019 16:01 WIB
Ilustrasi pesawat Lion Air. (Foto: Lion Air Group)
Ilustrasi pesawat Lion Air. (Foto: Lion Air Group)

RM.id  Rakyat Merdeka - Berita heboh datang dari maskapai penerbangan Lion Air. Netizen ramai membicarakan seekor kalajengking yang mendadak muncul dari bagasi kabin (head rack) pesawat Lion Air JT-293, jurusan Pekanbaru-Jakarta, Kamis (14/2) pukul 17.00 WIB. 

Hal tersebut diketahui, saat penumpang bersiap mengambil tas di bagasi kabin yang berada di atas bangku C-19. Namun menurut pengakuan penumpang, seperti dilansir Detikcom, kalajengking tersebut keburu menghilang ke dalam bagasi kabin sebelum dieksekusi petugas maskapai.

Dari hasil pengamatan menurut video ataupun gambar yang berkembang, binatang dimaksud menyerupai seekor laba-laba.

Baca juga : Ketua DPRD Lampung Tengah Ikut Jadi Tersangka

Terkait hal ini, Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, petugas layanan darat (ground handling) dan teknisi segera menjalankan penanganan mendalam serta menyeluruh pada pesawat setelah penumpang maupun kargo selesai diturunkan. Namun, binatang tersebut tidak ditemukan.

"Kami masih terus melakukan penyelidikan intens dan mendalam terkait hal tersebut. Untuk memastikan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan, hari ini Jumat (15/2), pesawat menjalani penanganan tepat sasaran guna membasmi serangan binatang secara efektif. Serta mencegah terjadinya potensi lain yang dibawa oleh binatang. Kami telah meminimalisir dampak yang timbul, agar operasional lainnya tidak terganggu," jelas Danang dalam keterangan tertulisnya, Jumat (15/2).

Ia memastikan, pesawat yang melayani rute Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Riau menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Banten telah dijalankan sesuai standar prosedur (SOP). 

Baca juga : Enam Jenazah Korban Lion Air JT-610 Berhasil Teridentifikasi

Sebelum dioperasikan, pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LPK telah menjalani pengecekan lebih awal (pre-flight check) dan dinyatakan laik terbang (safe to flight). 

Berdasarkan data catatan perawatan terjadwal pesawat registrasi PK-LPK, Lion Air sudah melaksanakan pengendalian hama dan binatang berupa fumigasi pada 19 Oktober 2018 dan pest control pada 6 Februari 2019. [HES]


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.