Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kinerja 2018

Taspen Kantongi Laba Rp 271 Miliar

Jumat, 15 Februari 2019 05:45 WIB
Direktur Utama PT Taspen (Persero) Iqbal Latanro (ketiga kanan) berbincang dengan (dari kiri) Direktur Keuangan Helmi Imam Satriyono, Direktur Operasi dan Manajemen Risiko Ermanza, Direktur Investasi Antonius N.S. Kosasih, Direktur Perencanaan, Kepatuhan dan Aktuaria Dodi Susanto dan Direktur SDM dan Teknologi Informasi Mohammad Jufri disela paparan kinerja di Jakarta, Kamis (14/2). (foto: M. Qori/Rakyat Merdeka)
Direktur Utama PT Taspen (Persero) Iqbal Latanro (ketiga kanan) berbincang dengan (dari kiri) Direktur Keuangan Helmi Imam Satriyono, Direktur Operasi dan Manajemen Risiko Ermanza, Direktur Investasi Antonius N.S. Kosasih, Direktur Perencanaan, Kepatuhan dan Aktuaria Dodi Susanto dan Direktur SDM dan Teknologi Informasi Mohammad Jufri disela paparan kinerja di Jakarta, Kamis (14/2). (foto: M. Qori/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah dinamika ekonomi global di tahun 2018, PT Taspen (Persero) berhasil membukukan laba sebesar Rp 271,55 miliar.

Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro mengatakan, laba tersebut ditopang oleh pendapatan premi sebesar Rp 8,09 triliun. “Jumlah ini naik sebesar 3,55 persen dari tahun 2017,” ujarnya saat Public Expose Kinerja PT Taspen (Persero) Tahun 2018 di Jakarta, Kamis (14/2) malam. 

Pada acara itu hadir juga Direktur Operasi dan Manajemen Risiko Ermanza, Direktur Keuangan Helmi Imam Satriyono, Direktur SDM dan Teknologi Informasi Mohamad Jufri, Direktur Investasi Antonius N.S Kosasih, dan Direktur Perencanaan, Kepatuhan dan Aktuaria Dodi Susanto.

Menurut Iqbal, laba juga ditopang oleh hasil investasi sebesar Rp 7,65 triliun. Jumlah tersebut naik sebesar 1,25 persen yang merefleksikan tingkat yield 8,7 persen.

Baca juga : Waskita Beton Pede Kantongi Rp 1,31 T

Untuk aset, kata dia, tercatat sebesar Rp 231,87 triliun atau tumbuh sebesar 0,65 persen dibanding tahun 2017. Dengan pertumbuhan ini, maka aset tumbuh secara konsisten rata-rata 9,68 persen selama 5 tahun terakhir.

“Pertumbuhan aset sebesar 0,65 persen ditopang oleh naiknya aset investasi sebesar 3,71 persen menjadi sebesar Rp 216,76 triliun,” paparnya.

Menurut dia, kualitas aset Taspen terjaga ditunjukkan dari pemilihan jenis instrumen dan emiten secara selektif. Selain obligasi pemerintah, Taspen juga melakukan investasi pada beberapa instrumen lainnya, diantaranya obligasi korporasi, Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK EBA), reksadana, saham serta investasi langsung.

“Disamping menjaga kualitas aset dan Yield yang optimal, Taspen juga berperan aktif dalam investasi pada proyek infrastruktur nasional di lebih dari 18 ruas tol yang tersebar di Jawa dan Sumatera,” ujarnya.

Baca juga : Dirjen KLKH Koordinasi Kayu Ilegal Senilai Rp 105 Miliar

Anak perusahaan Taspen serta entitas asosiasi, yakni Taspen Properti lndonesia, Taspen Life serta Bank Mandiri Taspen turut serta memberikan kontribusi pendapatan sebesar 4,5 persen dan laba sebesar 34 persen. Kontribusi tersebut telah konsisten diberikan oleh anak perusahaan selama 4 tahun terakhir ditunjukkan oleh nilai aset dan laba bersih yang semakin meningkat setiap tahunnya.

Menurut dia, salah satu aksi korporasi Taspen tahun ini adalah pada peningkatan saham Taspen pada Bank Mantap menjadi 48,416 persen. Penambahan bertujuan agar Bank Mantap dimasa yang akan datang dapat memberikan peningkatan layanan kepada para peserta Taspen.

Sebagai wujud konsistensi Taspen dalam memberikan pelayanan terbaik kepada peserta, sambung Iqbal, Taspen terus meluncurkan inovasi terkait dengan pelayanan kepada peserta, selain Layanan 1 Jam, Layanan Klim Otomatis, SIM Gaji serta Mobil Layanan, Taspen ke depannya akan terus berinovasi dengan didukung oleh teknologi infomasi. Diantaranya adalah Aplikasi Taspen Care, New Taspen Mobile, Aplikasi Otentikasi Digital, Aplikasi New E-Dapem serta Taspen SmartCard yang merupakan wujud sinergi BUMN.

Inovasi serta kinerja Taspen pada tahun 2018 diapresiasi oleh berbagai institusi dengan peraihan berbagai penghargaan. Diantaranya Best Partnership Program and Community Development in Insurance and Financial Service Category serta Innovative Company in Pension Insurance Sector dari Warta Ekonomi, dan Predikat “Sangat Bagus" dalam Rating lnfobank BUMN Awards 2018.

Baca juga : Yasonna Siapkan Badan Hukum Gratis Bagi Rakyat Miskin

Kemudian Digital Technology Development Strategy terbaik: Corporate Marketing Sector Financial and Hospitality dari BUMN Track, Sertifikasi ISO Terbaru yaitu ISO 9001:2015 dengan menerapkan Sistem Manajemen Mutu untuk Proses Bisnis Inti Perusahaan, yaitu: “Layanan Klim THT dan Pensiun dengan Dukungan Data yang Akurat pada Kantor Cabang PT Taspen (Persero)", serta Penganugerahan Taspen sebagai Badan Publik Menuju Informatif dari Komisi Informasi Pusat. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :