Dark/Light Mode

Maskapai Sriwijaya Air Siapkan Layanan Rapid Test Berbayar Bagi Calon Penumpang

Sabtu, 13 Juni 2020 16:31 WIB
Maskapai Sriwijaya Air Siapkan Layanan Rapid Test Berbayar Bagi Calon Penumpang

RM.id  Rakyat Merdeka - Maskapai Sriwijaya Air bakal menyediakan layanan rapid test bagi penumpang yang akan membeli tiket. Rapid test nantinya bisa dilakukan di empat kantor cabang Sriwijaya Air di seluruh Indonesia.

"Terbang lebih aman dan nyaman, kini rapid test bisa dilakukan langsung di kantor cabang Sriwijaya Air," kata manajemen dalam keterangan resminya, Sabtu (13/6).

Empat kantor cabang yang dimaksud adalah Head Office Sriwijaya dan Nam Air di Tangerang, Banten. Kemudian, Sales Office Melawai di Jalan Melawai Raya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Baca juga : Ganjar Bersinar Puan Meredup

Lalu, Sales Office Makassar di Jalan Boulevard Raya Nomor 6-7, Panukang Mas, Makassar. Terakhir disediakan di Airport Sales Office Sorong, Papua Barat. Harga untuk masing-masing pemeriksaan adalah Rp350 ribu untuk area di luar Sorong.

Sementara, khusus area Sorong, harga tes yang dipatok lebih mahal, yakni Rp 450 ribu.

Seperti diketahui, rapid test merupakan salah satu syarat bagi penumpang angkutan niaga berjadwal maupun carter yang akan melakukan perjalanan ke luar kota.

Baca juga : Mantap! Hari Ini Layanan GoRide Di Jakarta Aktif Lagi

Aturan tersebut sesuai dengan Surat Edaran Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 7 Tahun 2020 dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 41 Tahun 2020.

Hasil rapid test ini berlaku untuk tiga hari. Penumpang diizinkan melakukan perjalanan jika tes itu menunjukkan non-reaktif Covid-19.

Selain rapid test, calon penumpang memiliki opsi selain menunjukan tes polymerase chain reaction (PCR) dengan masa berlaku lebih lama, yakni tujuh hari.

Baca juga : 45 Tahanan KPK Jalani Rapid Test, Semuanya Negatif Corona

Nah, jika di daerahnya tidak terdapat tes PCR maupun rapid test, penumpang harud mengantongi tes kesehatan yang menunjukkan dirinya tidak memiliki gejala influenza.

Tak hanya Sriwijaya, Garuda Indonesia sebelumnya juga berencana menyediakan layanan rapid test bagi penumpang. 

Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Irfan Setiaputra mengatakan layanan ini akan memudahkan calon penumpangnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.