Dark/Light Mode

Prudential dan Eastspring Komitmen Lindungi dan Kelola Investasi Nasabah

Kamis, 18 Juni 2020 22:01 WIB
Investasi/Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Investasi/Ilustrasi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan Eastspring Investments Indonesia (Eastspring Indonesia) berbagi optimisme terkait kondisi pasar Indonesia. Prudential dan Eastspring mengajak nasabah mengambil langkah jangka panjang dengan tetap berinvestasi untuk dapat mencapai imbal investasi yang lebih tinggi di tengah fase new normal

Sejak WHO mengumumkan Covid-19 sebagai pandemi dunia pada pertengahan Maret 2020, pasar modal dunia, juga Indonesia, mengalami koreksi. Pembatasan wilayah yang dilakukan di sejumlah negara berdampak pada perlambatan ekonomi. Hal tersebut berimbas pada indeks harga saham di hampir semua negara, termasuk Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). 

“Menanggapi kondisi pasar dalam negeri yang terdampak pandemi Covid-19 dan tekanan global, Prudential Indonesia bersama Eastspring Indonesia telah melakukan sejumlah strategi untuk meminimalisasi volatilitas investasi nasabah. Sebagai pemimpin pasar dengan pengalaman mendalam di sektor keuangan, Prudential dan Eastspring memiliki posisi kuat untuk senantiasa mendampingi nasabah dalam menghadapi kondisi pasar yang penuh ketidakpastian,” kata Chief Investment Officer Prudential Indonesia Novi Imelda, dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis (18/6).

Baca juga : Mentan SYL Lepas Ekspor 6 Komoditas Pertanian Jabar

Prudential dan Eastspring memiliki pengalaman panjang dalam menjaga kepercayaan nasabah, termasuk di tengah berbagai krisis besar, antara lain krisis finansial 2013 dan perang dagang AS-China. Selain itu, kedua perusahaan juga didukung performa yang kuat. Sepanjang 2019, meskipun kondisi pasar bergejolak, Prudential mencatat total dana investasi yang menguat sebesar 3 persen menjadi Rp 74,5 triliun dari tahun sebelumnya sebesar Rp 72,1 triliun. Prudential juga mencatat hasil investasi sebesar Rp 5,4 triliun. Sementara, Eastspring mencatat total dana kelolaan sekitar Rp 92,08 triliun per 31 Desember 2019. 

Dalam mengelola investasi nasabah, khususnya di tengah fase new normal, Prudential dan Eastspring menerapkan prinsip kehati-hatian dengan hanya memilih saham yang memiliki fundamental baik dan pendanaan yang kuat. Terkait dana investasi saham, perusahaan fokus berinvestasi di berbagai sektor yang cenderung tangguh ketika pertumbuhan ekonomi melambat dan sejalan dengan pertumbuhan ekonomi dalam jangka panjang seperti konsumsi, kesehatan, dan komunikasi yang diharapkan dapat mengurangi volatilitas. 

“Perusahaan juga senantiasa menyuguhkan portofolio dana investasi yang beragam, di antaranya PRUlink Rupiah Equity Fund, PRUlink Managed Fund, PRULink Fixed Income, dan PRUlink Cash Fund, yang sejak diluncurkan telah mencatatkan hasil positif. Untuk itu, kami meminta nasabah memastikan polis mereka aktif sehingga senantiasa mendapatkan perlindungan, serta tetap berinvestasi sesuai dengan profil risiko dan tujuan keuangan masing-masing,” tambah Novi. 

Baca juga : Inggris Wajibkan Warganya Pake Pelindung Wajah, Indonesia Gimana?

Chief Executive Officer Eastspring Indonesia Alan T Darmawan mengatakan, di tingkat global, sentimen pasar masih akan cenderung negatif dan volatilitas pasar masih tinggi. Dia memprediksi, pandemi dapat terkendali tetapi tidak dalam waktu singkat. Untuk ekonomi, akan terus tumbuh tetapi produktivitas menurun selama beberapa bulan sehingga pertumbuhan melambat. 

“Namun, menurut pengalaman kami, situasi saat ini hanyalah fluktuasi sementara dan bahwa pasar Indonesia akan pulih dalam jangka waktu menengah dan panjang, karena stabilitas fundamental ekonomi makro Indonesia yang relatif stabil. Di saat seperti ini, justru kami melihat ini merupakan kesempatan bagi nasabah untuk tetap berinvestasi agar mencapai imbal investasi dalam jangka panjang yang lebih tinggi,” ujar Alan.

Untuk mendukung transparansi informasi, mulai 2020, Prudential mempublikasikan Top 10 instrumen investasi pada fund fact sheet bulanan yang dapat diakses tenaga pemasar dan nasabah. Komposisi Top 10 untuk tiap dana investasi per posisi akhir 2019 juga diinformasikan kepada nasabah. 

Baca juga : Rakyat Gak Sabar Nongkrong di Mall

“Kami sangat berharap agar kondisi pasar dan ekonomi dapat segera pulih dan kondusif. Volatilitas pasar masih tinggi, namun tetaplah tenang dan lakukan investasi secara berkala hingga tujuan investasi kita tercapai. Keep calm and invest on,” tutup Novi. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.