Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pengamat Ekonomi Energi dan Pertambangan Fahmy Radhi

IPO Anak Usaha Pertamina Bisa Cegah Mafia Migas

Minggu, 21 Juni 2020 13:28 WIB
Pengamat Ekonomi Energi dan Pertambangan Fahmy Radhi IPO Anak Usaha Pertamina Bisa Cegah Mafia Migas

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat Ekonomi Energi dan Pertambangan Universitas Gadjah Mada (UGM) Fahmy Radhi mendukung intruksi Menteri BUMN Erick Tohir kepada PT Pertamina (Persero), untuk dapat membawa dua anak usahanya melakukan Initial Public Offering (IPO) atau go public dalam waktu dua tahun.

IPO adalah proses perusahaan untuk menawarkan sahamnya, agar dapat dibeli melalui masyarakat umum, melalui Bursa Efek untuk pertama kali.

Baca juga : Mahfud dan Tito Pantau Perbatasan Indonesia-Timor Leste

Fahmi menilai, upaya tersebut bisa mencegah maraknya mafia migas di lingkungan Pertamina.

“Melalui IPO, sub holding Pertamina akan meraup dana segar dengan cost of capital (biaya modal) yang paling murah, dibanding pendanaan dari utang perbankan dan global bond. IPO akan menjadikan sub holding Pertamina sebagai perusahaan publik, yang lebih transparan dan accountable,”ujar Fahmy melalui keterangan tertulisnya kepada RMco.id, Minggu (21/6).

Baca juga : Pentingnya Sinergi Guru Dan Orang Tua Agar Anak Berhasil Sekolah Virtual

Sub holding yang sudah melantai di bursa saham, harus menerapkan prinsip-prinsip good corporate governance dan harus melaporkan hasil pengelolaan perusahaan kepada publik secara periodik.

“Dengan keterbukaan tata kelola tersebut, mustahil bagi kelompok kepentingan menjadikan Pertamina sebagai sapi perah. Tidak akan ada lagi dana CSR yang dapat digunakan oleh anggota DPR, untuk mempertahankan konstituennya,” tegas Fahmy.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.