Dark/Light Mode

Agar Survive Di Tengah Pandemi Corona

Menteri Teten Dorong Seluruh UMKM Go Digital

Rabu, 24 Juni 2020 08:03 WIB
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki di acara RM Insight yang diselenggarakan secara virtual oleh Rakyat Merdeka, Selasa (23/6). (Foto: Istimewa)
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki di acara RM Insight yang diselenggarakan secara virtual oleh Rakyat Merdeka, Selasa (23/6). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Masalah lainnya, sambung Teten, kebanyakan UMKM dipimpin oleh pimpinan perusa haan yang melakukan segalanya sendirian. Mulai dari produksi, menjaring dan melayani pelang gan, hingga pengiriman barang. Sehingga tak jarang, UMKM sulit bisa memenuhi permintaan. “Pemesanan sekarang, baru bisa dijawab besok,” katanya.

Lebih jauh Teten bilang, kendati banyak usaha kecil yang gulung tikar akibat adanya social distancing, tapi bisnis frozen food, minuman herbal dan alat kesehatan justru mengalami peningkatan. Ini yang kata Teten, terus didorong untuk dilakukan agar pelaku UMKM lainnya selalu jeli melihat peluang.

Baca juga : Sering Blusukan, Ini Rahasia Menteri Teten Tetap Sehat

Sementara dari sisi pemerintah, Teten bilang sudah ada stimulus sekitar Rp 260 triliun untuk UMKM. Restrukturisasi kredit, terutama bagi UMKM yang berdampak, subsidi bunga untuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) hingga pelatihan secara digital juga telah dilakukan.

“Kami juga sudah menyiapkan lomba Go Digital yang rencananya melibatkan UMKM di daerah seperti Indonesian Idol begitu,” selorohnya. “Kami tetap yakin, kebangkitan UMKM bisa menjadi prioritas untuk mampu menyela matkan angka penggangguran, sehingga UMKM masih menjadi buffer bagi ekonomi nasional,” sambung Teten.

Baca juga : BKPM Tegaskan, Tak Ada Investor Kabur Dari Indonesia

Hadir dalam diskusi yang sama, Ketua Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) Prof Yudho Giri Sucahyo, Ph.D, yang yakin pemanfaatan marketplace dapat membuat UMKM bisa lebih memaksimalkan pema saran untuk menarik daya beli.

“Dari hasil survei UKM di 1998, UMKM bisa menjadi penopang. Tapi tahun ini malah banyak yang runtuh duluan. Kami sepakat dan sangat mendukung Kementerian Koperasi dan UKM untuk mempercepat ekosistem digital saat ini,” kata Yudho.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.