Dark/Light Mode

Investasinya Rp 780 Miliar, PT PP Kebut Proyek PLTMG Bangkanai

Sabtu, 27 Juni 2020 13:49 WIB
Lokasi proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas dan Uap (PLTMG) Bangkanai di Desa Karendan, Barito Utara, Kalimantan Tengah.
Lokasi proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas dan Uap (PLTMG) Bangkanai di Desa Karendan, Barito Utara, Kalimantan Tengah.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT PP (Persero) Tbk. lagi tancap gas menyelesaikan pembangunan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas dan Uap (PLTMG) Bangkanai tahap 2 sebesar 140 MW. Proyek yang dimiliki oleh PT PLN (Persero) Ini berlokasi di Desa Karendan, Barito Utara, Kalimantan Tengah.

Karendan merupakan salah satu desa yang berada di Kabupaten Barito Utara. Perjalanan menuju Karendan menempuh waktu sekitar 10-12 jam dari Banjarmasin-Muara Teweh dan 3-4 jam perjalanan dari Muara Teweh-Karendan.

Baca juga : Hadiah Rp 168 Miliar Lomba Inovasi Daerah Masuk APBD

Dalam melaksanakan proses pembangunan, material bangunan dan konstruksi juga harus didatangkan melalui perjalanan laut dari Jakarta, Surabaya dan Palu kemudian menempuh perjalanan darat ke Desa Karendan.

Direktur Utama PT PP Novel Arsyad mengatakan, dalam pembangunan proyek PLTMG ini, PT PP berperan sebagai kontraktor yang akan bertanggung jawab dalam penyelesaian proyek di mana bekerjasama dengan partner konsorsium Wartsila Finland Oy dan Wartsila Indonesia. 

Baca juga : BI Serahkan Bantuan 13,75 Miliar Pada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19

"Perseroan optimistis dapat menyelesaikan proyek ini dalam 15 bulan. Dengan keberhasilan Perseroan sebagai kontraktor EPC yang telah memiliki berbagai pengalaman mengerjakan proyek-proyek minyak dan gas, perseroan optimistis menyelesaikan pekerjaan dengan hasil yang maksimal dan tepat waktu,” ujarnya dalam keterangan resminya, Sabtu (27/6).

Proyek yang memiliki nilai kontrak Rp780 miliar, sesuai porsi PT PP ini, menggunakan mesin Duel Fuel Technology di mana bahan bakar mesin tersebut dapat menggunakan gas ataupun solar. Selain itu, mesin jenis ini memiliki keunggulan lainnya yaitu ramah lingkungan dan efisien dalam penggunaan bahan bakar.

Baca juga : KKP Bidik Pemulihan Perekonomian Nelayan

Ke depannya, PLTMG Bangkanai Tahap 2 diperuntukkan untuk memperkuat dan mengalirkan listrik di daerah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Suplai listrik yang baik dan berkualitas tentunya akan meningkatkan aktivitas warga dan mendukung geliat ekonomi masyarakat. [KPJ]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.